Enam Kepala Negara Akan Hadir di Forum Indonesia-Afrika di Bali

blog_10

LAINNYA

Aug 28 2024, 06.33

Pemerintah terus mematangkan persiapan penyelenggaraan Forum Indonesia-Afrika (Indonesia-Africa Forum) ke-2 yang akan digelar di Bali pada 1-3 September 2024.  Wakil Menteri Luar Negeri, Pahala Nugraha Mansury menjelaskan forum itu akan dihadiri oleh sekitar 855 peserta dari berbagai negara. 

Forum ini juga diselenggarakan bersamaan dengan Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multi-pihak (High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnerships), yang merupakan kerja sama antara Kementerian Luar Negeri dan Bappenas, dengan total peserta diperkirakan mencapai 1.500 delegasi dari negara-negara Afrika serta negara Global South lainnya.

Sampai saat ini, enam kepala negara telah memberikan konfirmasi kehadiran, dan 11 menteri dari negara-negara Afrika telah menyatakan kesediaan untuk menjadi pembicara dalam forum ini.

“Kepala negara yang sudah memberikan konfirmasi hadir berasal dari Zimbabwe, Rwanda, Ghana, Liberia, Eswatini, dan Zanzibar mewakili Tanzania,” ungkap Pahala dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

Forum IAF dan MSP tidak hanya akan melibatkan kepala negara dan menteri, tetapi juga sektor swasta dan BUMN, dengan fokus pada topik seperti energi, kesehatan, ketahanan pangan, dan pertambangan.

"Untuk sektor swasta dan BUMN, diperkirakan akan terdapat perjanjian dengan nilai mencapai USD3,5 miliar atau sekitar Rp58 triliun,” jelas Pahala.

Pelaksanaan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 ini mengusung tema ‘Semangat Bandung untuk Agenda 2063 Afrika’, yang menjadi momentum penting untuk memperkuat hubungan konkret antara Indonesia dan Afrika. Menurut Wamenlu, hubungan yang erat ini merupakan landasan kuat bagi kedua pihak untuk merealisasikan potensi besar dalam pembangunan bersama.

“Indonesia dan Afrika memiliki agenda pembangunan yang serupa. Kita memiliki kekayaan sumber daya yang besar dan bonus demografi, tetapi bagaimana kerja sama dan potensi ini bisa direalisasikan dalam sebuah agenda pembangunan menjadi kunci,” lanjut Pahala.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Ray Dalio: Indonesia Punya Potensi Besar untuk Menjadi Kekuatan Baru di Dunia

LAINNYA

Sep 05 2024, 08.49

Indonesia bisa belajar dari apa yang dilakukan Deng Xiaoping di China di tahun 1980an.


Generic placeholder image

Dirut Bank Mandiri Berbagi Kisah Sukses Transformasi Digital di Indonesia - Africa Forum 2024

LAINNYA

Sep 04 2024, 14.49

Bank Mandiri telah mentransformasi 241 kantor cabang menjadi Smart Branches.


Copyright Katadata 2022