Festival Film Venice Kembali Digelar, Sigourney Weaver Jadi Bintang

blog_10

LAINNYA

Aug 29 2024, 07.12

Festival Film Venice yang memasuki tahun ke-81 kembali digelar. Sejumlah bintang film papan atas hadir di Venesia di tengah teriknya cuaca Italia. Para penggemar rela  menghabiskan waktu hingga 10 jam untuk melihat langsung bintang film pujaan mereka.

Para pelaku industri film dunia memasuki ruangan sala Grande melalui karpet merah untuk menyaksikan pemutaran perdana Beetlejuice Beetlejuice karya sutradara kondang Tim Burton.

Burton dan para pemain film sekuelnya yang sudah lama ditunggu-tunggu - termasuk Jenna Ortega, Michael Keaton, Winona Ryder, Catherine O'Hara, Willem Defoe, Justin Theroux, dan Monica Bellucci menarik perhatian banyak orang.

Namun ada juga teriakan-teriakan untuk para selebriti lain yang hadir, termasuk ikon akting Prancis, Isabelle Huppert, ketua juri festival Venesia tahun ini, dan Cate Blanchett yang hadir untuk pemutaran perdana serial Apple TV-nya, Disclaimer.

Namun bintang terbesar malam itu adalah Sigourney Weaver, yang menerima penghargaan Golden Lion seumur hidup untuk karirnya di dunia perfilman. Setelah sebuah klip video penghormatan untuk karier filmnya - yang diiringi lagu “Back to Black” dari Amy Winehouse - aktris Prancis Camille Cottin, yang tampil bersama Weaver dalam serial satir populer Call my Agent!, menyanyikan pujian untuknya.

“Dia telah menghadapi segalanya, mulai dari alien, hantu, gorila, pembalut tentara berukuran ekstra besar, langit-langit kaca, hingga stereotip gender,” kata Cottin dikutip dari The Hollywood Reporter.

Kolaborator Weaver yang sering bekerja sama, James Cameron, mengirimkan pesan video kepada Weaver.

“Dia memiliki keistimewaan yang luar biasa dan saya sudah bekerja sama dengannya beberapa kali selama bertahun-tahun, dimulai dengan Aliens pada tahun 1985, di mana dia dinominasikan untuk aktris terbaik Oscar. Dia telah mendapatkan dua nominasi lagi sejak saat itu, dan jika Anda bertanya kepada saya, dia sudah terlambat untuk mendapatkan Oscar, jika memang ada keadilan. Jadi, jika ada anggota Academy yang hadir di sini,” tegas Cameron.

Weaver meneteskan air mata saat ia merefleksikan perannya sebagai pahlawan aksi wanita dalam film Aliens dan dampak yang ia berikan dalam menginspirasi para wanita muda. 

“Saya telah mampu bergerak ke seluruh dunia dan melalui industri ini seperti burung kolibri yang melesat melintasi ruang dan waktu serta genre,” ujar Weaver.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Copyright Katadata 2022