Visi Koordinator PPI Dunia Baru: Bangun Komunitas Pelajar Dunia yang Kompetitif

blog_10

LAINNYA

Sep 10 2024, 05.23

Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPID) kembali menggelar event tahunan yakni kongres Pelajar Dunia dan symposium Internasional ke XVI di Budapest Hongaria mulai tanggal 21 – 24 Agustus 2024. 

Selain mengadakan kegiatan berupa talkshow, Kongres para pelajar ini juga memilih Koordinator PPI Dunia periode 2024-2025. Dalam pemilihan ini ada 2 calon yang berkompetisi yakni Marhadi dari PPI Hongaria dan Zulqadri Ansar dari PPI Jerman. 

Pemilihan dilakukan secara voting dengan hasil perhitungan Marhadi memperoleh 33 suara dan Zulqadri Ansar mendapatkan suara 18 suara.  Hasil voting ini menunjukkan bahwa Marhadi mendapatkan suara terbanyak dan ditetapkan sebagai Koordinator Terpilih PPI Dunia periode 2024-2025. 

Marhadi merupakan dosen di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau. Saat ini beliau sedang menempuh Pendidikan Doktor (S3) di Hungarian University of Agriculture and life sciences MATE. Sebelum terpilih sebagai Koordinator PPI Dunia, Marhadi pernah menjabat sebagai Ketua umum PPI Hongaria dan Wakil Koordinator PPI Dunia periode 2023/2024. 

Dengan visi “Membangun komunitas pelajar dunia yang inklusif, kompetitif, dan berkelanjutan untuk mewujudkan Indonesia Emas, dengan memupuk nilai akademis, sosial, dan etika, serta siap berkontribusi positif bagi masyarakat global”. 

Menurut Marhadi visi ini menekankan pembentukan sebuah komunitas global yang terdiri dari pelajar Indonesia yang tersebar di berbagai negara. Tujuannya adalah untuk mempererat hubungan dan solidaritas di antara para pelajar, di mana pun mereka berada. komunitas yang dibangun oleh PPI Dunia harus terbuka untuk semua orang, tanpa memandang latar belakang, asal daerah, atau perbedaan lainnya. 

Tujuannya adalah menciptakan lingkungan yang menghargai keberagaman dan menjunjung tinggi toleransi. Visi ini juga menekankan pentingnya menciptakan komunitas yang mampu bersaing di tingkat global. Ini berarti pelajar Indonesia harus memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup untuk bersaing secara efektif di berbagai bidang, baik akademis maupun non-akademis.

Menurut Marhadi ada beberapa tantangan pelajar Indonesia dalam menempuh pendidikannya di luar negeri seperti Keragaman Budaya dan Bahasa: PPI Dunia mewakili pelajar Indonesia yang tersebar di berbagai negara, masing-masing dengan budaya, bahasa, dan sistem pendidikan yang berbeda. 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Copyright Katadata 2022