Katadata Kerja Sama dengan MIT Gelar Diskusi Expert Talk

blog_10

LAINNYA

Sep 19 2024, 13.36

Katadata Indonesia bekerja sama dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT) Regional Entrepreneurship Acceleration Program (REAP) Boston, Amerika Serikat menggelar diskusi daring Expert Talk.

Project Manager MIT REAP Marina Kusumawardhani mengungkapkan, sebagai bagian dari jaringan global MIT, program MIT REAP berkomitmen untuk memfasilitasi transfer teknologi dan pengetahuan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) ke Indonesia.

“Kami memilih Katadata untuk bekerja sama untuk program diskusi daring ini karena kami melihat Katadata adalah salah satu pioneer media daring yang berbasiskan data dan riset. Ini sejalan dengan program MIT REAP yang menawarkan akses ke keahlian global serta riset teknologi terkini dan implementasinya,” kata Marina, Kamis (19/9/2024).

Marina menambahkan, tujuan akhir dari program REAP ini adalah berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui inovasi DeepTech. Program MIT REAP juga bertujuan untuk mengumpulkan para pemimpin dari pemerintah, akademisi, bisnis, dan komunitas untuk berkolaborasi dalam memperkuat ekosistem inovasi di Indonesia.

“Objektif lain dari MIT REAP adalah  menekankan pentingnya membangun ekosistem inovasi yang kuat guna mendorong pengembangan ekonomi yang berkelanjutan di Indonesia serta membekali pengusaha lokal dengan wawasan dan strategi untuk memanfaatkan inovasi dalam mengembangkan usaha mereka dan berkontribusi pada kemakmuran regional,” ujar Marina.

CEO & Co-founder Katadata Indonesia Metta Dharmasaputra mengungkapkan, kerja sama dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT) merupakan salah satu upaya Katadata untuk membantu menggerakkan perekonomian melalui inovasi dengan pembelajaran dari MIT.

“Kita semua tahu  bahwa inovasi mempunyai peranan penting dalam perekonomian. Contohnya, inovasi teknologi dan proses produksi dapat meningkatkan efisiensi, sehingga mengurangi biaya dan waktu produksi. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan lebih banyak barang atau jasa dengan sumber daya yang lebih sedikit. Kami berharap kolaborasi dengan MIT melalui diskusi daring Expert Talk bisa memberikan lesson-learnt kepada semua pihak terkait,” jelas Metta.

Ada tiga episode diskusi daring Expert Talk yang akan tayang di Youtube Katadata Indonesia dan MIT REAP. Episode pertama mengambil tema “Pentingnya Anggaran Riset untuk Inovasi Deep Tech” dengan narasumber Kauffman Prize Medal Awardee for Distinguished Research in Entrepreneurship Scott Stern dan Plt Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek Prof Nizam.

Episode kedua mengambil tema “Pentingnya Adopsi AI untuk Indonesia” dengan narasumber Board Member NATO Innovation Fund (NIF) Ari Jonsson dan Wakil Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika Nezar Patria.

Sedangkan episode ketiga mengambil tema “Kesiapan Indonesia dalam Mengadopsi Deep-Tech untuk Aksi Iklim” dengan narasumber Asdep Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN Edi Eko Cahyono serta Kadiv IT RIU (BUMN) Allan Prakosa.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Copyright Katadata 2022