Menikmati Cantiknya Empat Destinasi Wisata Populer di Tuban, Jawa Timur

blog_10

LAINNYA

Oct 26 2024, 10.54

Tuban, adalah sebuah wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, ibu kotanya adalah Kecamatan Tuban. Kabupaten Tuban ini terletak di Pantai Utara Jawa, dan memiliki letak yang strategis, yakni di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, dengan dilintasi oleh Jalan Nasional Daendels yang berada di Jalur Pantai Utara.

Tuban menjadi menarik tak hanya karena mendapat julukan sebagai Bumi Para Wali, karena memang Tuban adalah tempat berkumpulnya Wali Songo untuk menyebarkan agama Islam, tapi juga karena destinasi wisatanya yang cantik memikat, sebut saja Mata Air Krawak Tuban, Pantai Cemara, Terminal Kambang Putih, dan Klenteng Kwan Sing Bio.

Namun, selain destinasi-destinasi wisata itu, masih ada empat destinasi wisata lain di Tuban yang juga tak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Bumi Para Wali ini. 

Dilansir dari Instagram resmi Jatim Pemprov, berikut ini empat destinasi wisata populer yang cantik memikat, yang layak dikunjungi di kabupaten yang berjuluk Bumi Para Wali, Bumi Ronggolawe dan Bumi Legen ini.

1. Makam Sunan Bonang

Sunan Bonang adalah salah satu wali besar penyebar Islam di tanah Jawa. Beliau wafat sekitar tahun 1525 dengan nama asli Raden Maulana Makdum Ibrahim.

Makam Sunan Bonang menarik banyak wisatawan dengan desain yang unik, yaitu berupa pendopo semi outdoor berlantai marmer. 

Buka 24 jam setiap hari, pengunjung bisa datang kapan saja tanpa biaya masuk, hanya perlu membayar parkir.

Makam Sunan Bonang ini berlokasi di sebelah barat Masjid Raya Tuban, dan sekitar 100 meter dari Alun-alun Tuban.

2. Museum Kambang Putih

Museum yang terletak di Jalan Kartini nomor 03, Kutorejo, Kecamatan Tuban ini memiliki sekitar 5774 barang koleksi bersejarah, mulai dari peninggaan zaman purba, kerajaan, hingga peninggalan era kolonia.

Salah satu koleksinya ada yang berasal dari era Sunan Bonang, yang disebut sebagai Kalpataru, yakni simbol harmonisasi empat agama di Tuban, yaitu Hindu, Buddha, Islam dan Konghucu.

3. Air Terjun Nglirip

Air terjun setinggi 29 meter ini menawarkan keeksotisan alam dengan air berwarna biru kehijauan dan suasana yang sejuk.

Sumber mata air di Air Terjun Nglirip ini berasal dari beberapa sumber air di daerah Hutan Lindung Krawak yang berjarak sekitar 3 km dari lokasi wisata.

4. Klenteng Kwan Sing Bio

Klenteng ini berlokasi di Jalan Martadinata nomor 1, Kecamatan Kota Tuban, dan merupakan klenteng unik, karena satu-satunya klenteng yang menghadap langsung ke laut.

Klenteng Kwan Sing Bio dibangun di atas tanah seluas 4-5 hektar sekitar tahun 1773, dan dikenal sebagai klenteng terbesar dengan simbol unik berupa kepiting besar. Simbol ini membuat Klenteng Kwan Sing Bio berbeda dari klenteng pada umumnya yang menggunakan simbol naga.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Copyright Katadata 2022