AI Membantu Perusahaan untuk Tumbuh dan Berkembang

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

May 02 2024, 10.47

Perilaku konsumen berubah drastis seiring dengan kemajuan teknologi. Perusahaan bisa memanfaatkan kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk bisa memenuhi keinginan konsumen dan membantu perusahaan untuk tumbuh dan berkembang.

Antripolog digital Brian Solis mengungkapkan, manusia tidak harus menjadikan AI sebagai lawan atau kompetitor. Namun, AI bisa digunakan untuk membuat manusia menjadi lebih pintar dan bisa melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan sebelumnya.

“AI itu tidak memiliki kreativitas, sesuatu yang hanya dimiliki oleh manusia. Karena itu, manfaatkan AI untuk membuat Anda lebih pintar dan bisa melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak bisa dilakukan. Jadi, Anda bersaing dengan AI dengan kreativitas,” ujar Solis saat menjadi pembicara di Asia Pacific Media Forum 2024 di Bali, Kamis (2/5/2024).

Solis menambahkan, konsumen saat ini sangat narsis terhadap dunia digital. Konsumen menjadi lebih tidak sabar dan ingin mendapatkan keinginan mereka dengan cepat. Karena itu, perusahanan harus menangkap perubahan perilaku ini dengan sebuah terobosan atau inovasi

“Saya beri contoh, salah satu perusahaan drone di Eropa mendengar keluhan konsemen yang terlalu lama menunggu untuk menerima pesanan makanan secara online. Lalu mereka menyiapkan layanan yang bisa membuat konsumen menerima makanan yang mereka pesan dalam waktu paling lama 30 menit. Perusahaan ini menggunakan drone untuk mengantarkan makanan,” kata Solis.

Kata Solis, di dunia yang berkembang sangat pesat, perusahaan harus melakukan inovasi yang relevan, cepat, inovatif serta bisa dipercaya untuk bisa memenuhi keinginan konsumen.

“Pengalaman pelanggan dimulai sebelum Anda mendengar dari mereka. Selain itu, 80% pelanggan juga cenderung membeli produk dari perusahaan yang menawarkan pengalaman yang dipersonalisai,” kata Solis.

Data & AI Managing Director Accenture Indonesia Budiono mengungkapkan, perubahan besar di dunia industri terjadi ketika munculnya generative AI. Kata dia, kehadiran generative AI bisa mentranfsormasi peran marketing.

“Sebuah survei mengungkapkan, 50% CEO melakukan integrasi dengan generative AI untuk produk dan juga pelayanan yang mereka berikan. 42% dari mereka juga hasil dari penggunaan generative AI sesuai dengan harapan dan hanya 1% yang menyatakan tidak sesuai dengan harapan,” kata Budiono.

Menurut dia, generative AI hadir bukan untuk menggantikan manusia. Namun, generative AI harus dipersenjatai dengan alat yang diperlukan sehingga bisa lebih kreatif, strategis dan juga memberikan dampak. Yang paling penting, kata Budiono, generative AI bisa membuat terbebas dari pemborosan waktu.

“Generative AI bisa membantu perusahaan memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang dengan gesit, merangkul pemasaran berbasis data, meningkatkan skala aktivasi pemasaran terpadu dari ujung ke ujung dan memberikan hiper-personalisasi,” pungkas Budiono.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Riady Foundation Alokasikan Rp500 Miliar Untuk Transformasi 10 Juta Siswa Melalui Fondasi Ai-Stem

TEKNOLOGI DIGITAL

May 28 2025, 14.29

Melalui inisiatif ini, Riady Foundation menargetkan untuk memberikan fondasi kecakapan AI dan STEM kepada 10 juta siswa Indonesia.


Generic placeholder image

Pirate Queen, Film Panjang Pertama yang Dihasilkan AI

LAINNYA

May 01 2025, 12.06

Film ini digarap oleh talenta lokal dan kolaborator internasional dari 12 negara.


Generic placeholder image

Mendikdasmen: AI akan Jadi Pelajaran Pilihan di Semua Sekolah

TEKNOLOGI DIGITAL

Mar 05 2025, 17.00

Mata pelajaran kecerdasan buatan sifatnya masih pilihan karena belum seluruh sekolah di Indonesia memiliki kesiapan teknologi.


Generic placeholder image

Survei KIC: Indonesia Dianggap Masih Tertinggal dalam Pengembangan AI

TEKNOLOGI DIGITAL

Feb 06 2025, 18.09

Studi KIC menemukan tingkat kesadaran masyarakat Indonesia mengenai AI tergolong tinggi, meskipun pengetahuan tentang teknologi dimaksud masih terbatas.


Generic placeholder image

Wamen Komdigi: Adopsi AI Generatif di Industri PR Masih Rendah

LAINNYA

Nov 21 2024, 14.29

Dari semua sektor pekerjaan yang telah terpengaruh oleh kemunculan AI, pekerjaan di sektor informasi dan komunikasi merupakan salah satu dari sedikit pekerjaan yang dibantu oleh AI.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022