Apple Intelligence, AI Generatif Versi Apple

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 09 2024, 13.45

Apple akan menyebut inisiatif kecerdasan buatan (artificial intelligence) buatan mereka dengan nama Apple Intelligence. AI tersebut membutuhkan iPhone 15 Pro atau perangkat dengan chip M1 atau yang lebih baru.

Cara yang paling jelas bagi Apple untuk merangkul AI generatif adalah melalui Siri, asisten virtual perusahaan dengan rekam jejak yang baik. Integrasi dengan model ChatGPT-4o terbaru dari OpenAI dapat melambungkan Siri beberapa tahun ke depan dengan mengubah fitur tersebut menjadi chatbot iPhone.

Hal ini dapat memungkinkan Siri untuk melakukan tugas-tugas tertentu seperti mengingat gambar yang diambil beberapa tahun yang lalu di perangkat atau menjawab pertanyaan-pertanyaan rinci tentang cuaca, berita, atau hal-hal sepele. 

Seiring berjalannya waktu, Siri dapat mempelajari preferensi dan bahkan kepribadian pengguna, dan merespons dengan tepat. Melihat bagaimana para pesaing telah memperkenalkan alat generatif, fitur-fitur bertenaga AI untuk iPhone juga dapat membantu pengguna dalam meringkas dan menyusun email atau memunculkan informasi di layar perangkat dengan gerakan jari. 

Fitur ini juga akan beradaptasi secara otomatis dan mulus dengan pengguna, berdasarkan suara, audio, dan bahasa alami, serta gambar dan isyarat kontekstual.

“AI generatif akan memungkinkan generasi iPhone berikutnya menjadi indra keenam, memberdayakan kita untuk memindai dan berinteraksi dengan dunia di sekitar kita,” ujar Thomas Husson, analis dari firma riset pasar Forrester, kepada CNN.

Hal ini juga dapat berarti perubahan bagi seluruh ekosistem Apple dengan menyematkan AI di dalam aplikasinya sendiri, seperti Apple Maps, iMovie, dan iPhoto. Beberapa analis memperkirakan Apple akan merilis alat untuk pengembang merek dan pembuat aplikasi untuk menciptakan pengalaman baru.

Reece Hayden, seorang analis senior di ABI Research yakin Apple akan menghabiskan waktu untuk menguraikan visi jangka panjangnya.

“AI akan semakin menjadi dasar dari seluruh fokus strategis Apple, sehingga akan menyoroti upaya R&D di masa mendatang, investasi yang diharapkan dan akuisisi yang telah dilakukan perusahaan untuk mendukung proposisi mereka,” ujar Hayden.

Pada musim semi, Apple dilaporkan sedang mendiskusikan peluang kemitraan dengan OpenAI dan Google untuk mendukung perangkat AI-nya. Namun kini perusahaan tersebut diyakini telah menandatangani kesepakatan dengan pencipta ChatGPT.

“Jika OpenAI bertanggung jawab untuk mendukung kemampuan AI Apple, saya mengharapkan pengumuman kemitraan formal karena konsumen dan perusahaan ingin memahami regulasi dan aturan serta apa yang mereka daftarkan dan bagaimana data mereka digunakan,” kata Hayden 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Telkom Akan Kembangkan AI yang Aman dan Memberikan Dampak Positif

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 09 2024, 06.57

Salah satu contoh pengembangan AI oleh Telkom adalah fitur bernama BigVision dalam produk BigBox.


Generic placeholder image

Be My Eyes, AI yang Membuat Hidup Penyandang Tuna Netra Lebih Mudah

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 09 2024, 06.33

Be My Eyes bermitra dengan OpenAI tahun lalu untuk memungkinkan model AI-nya melihat dan mendeskripsikan apa yang ada di depan pengguna.


Generic placeholder image

Studi ILO: Kecerdasan Buatan Menambah Pekerjaan

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 20 2024, 20.29

Dampak terbesar dari teknologi ini bukan pada hilangnya lapangan kerja, melainkan potensi perubahan pada kualitas pekerjaan.


Generic placeholder image

Kalahkan Microsoft dan Apple, Nvidia Jadi Perusahaan Paling Bernilai di Dunia

EKONOMI & BISNIS

Jun 19 2024, 06.45

Nilai pasar Nvidia hanya membutuhkan waktu 96 hari untuk naik dari 2 triliun dolar AS menjadi 3 triliun dolar AS.


Generic placeholder image

AI Bisa Kurangi 47 Juta Ton Emisi Per Tahun di Industri Pelayaran

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 18 2024, 17.49

Pelayaran menyumbang hampir 3 persen terhadap emisi karbon dioksida dunia.


Event Akan Datang

View all events

 Aug 07 2024, 00.00

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022