Peneliti Gunakan AI dalam Pencarian Antibiotik Baru

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

May 29 2023, 05.21

Kecerdasan buatan telah digunakan untuk mengidentifikasi antibiotik baru yang mampu membunuh jenis bakteri yang bertanggung jawab atas banyak infeksi yang kebal obat.

Antibiotik baru ini diidentifikasi oleh para peneliti di Massachusetts Institute of Technology dan McMaster University dari perpustakaan yang berisi hampir 7.000 senyawa obat potensial.

Para peneliti menggunakan model pembelajaran mesin yang telah mereka latih untuk menilai apakah suatu senyawa kimia akan menghambat pertumbuhan acinetobacter baumannii.

James Collins, dari Institut Teknik Medis dan Sains dan Departemen Teknik Biologi MIT, mengatakan, penelitian ini mendukung gagasan bahwa AI secara signifikan dapat mempercepat dan memperluas pencarian antibiotik baru.

"Saya sangat senang bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa kita dapat menggunakan AI untuk membantu memerangi patogen yang bermasalah seperti acinetobacter baumannii,” kata Collins dikutip dari laman Sky News.

Acinetobacter baumannii sering ditemukan di rumah sakit dan dapat menyebabkan pneumonia, meningitis, dan penyakit serius lainnya.

Jonathan Stokes, asisten profesor biokimia dan ilmu biomedis di McMaster University, mengatakan, acinetobacter dapat bertahan hidup di gagang pintu rumah sakit dan peralatan dalam waktu yang lama dan dapat mengambil gen resistensi antibiotik dari lingkungannya.

"Saat ini sudah sangat umum untuk menemukan isolat Acinetobacter baumannii yang resisten terhadap hampir semua antibiotic,” ujar Stokes.

Para peneliti berencana menggunakan pemodelan mereka untuk mengidentifikasi antibiotik potensial untuk jenis infeksi yang kebal obat lainnya dan berharap senyawa tersebut akan dikembangkan untuk digunakan pada pasien. Penelitian mereka dipublikasikan di Nature Chemical Biology.

Kecerdasan buatan juga digunakan dalam memerangi kanker payudara, membantu para ilmuwan mengembangkan model yang dapat memprediksi apakah suatu cabang penyakit yang agresif akan menyebar.

Model AI mendeteksi perubahan pada kelenjar getah bening perempuan dengan kanker payudara triple negatif  yaitu salah satu tempat pertama penyebaran kanker payudara yang sering terjadi adalah kelenjar getah bening di bawah lengan di sisi yang sama, dan dalam kasus ini pasien cenderung membutuhkan perawatan yang lebih intensif.

Anita Grigoriadis, yang memimpin penelitian di Breast Cancer Now Unit di King's College London, mengatakan, pengembangan ini akan memberikan dokter alat lain dalam gudang senjata mereka untuk membantu mencegah kanker payudara sekunder.

"Dengan menunjukkan bahwa perubahan kelenjar getah bening dapat memprediksi apakah kanker payudara triple negatif akan menyebar, kami telah membangun pengetahuan kami yang terus berkembang tentang peran penting yang dapat dimainkan oleh respons imun dalam memahami prognosis pasien,” jelas Anita.

Para peneliti menguji model AI mereka pada lebih dari 5.000 kelenjar getah bening yang disumbangkan oleh 345 pasien ke biobank dan model tersebut kemudian mampu menentukan kemungkinan penyebaran kanker payudara dengan menganalisis respons imun. Sekitar 15% dari semua kanker payudara di Inggris adalah triple negatif, dan menyumbang sekitar 25% dari kematian akibat kanker payudara.

 

 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Menggali Potensi Anak Muda melalui Bernalar Berdaya di SMAN 85 Jakarta

LAINNYA

Aug 23 2024, 15.40

Melalui acara seperti ini, MudaBerdaya berharap dapat terus menjadi jembatan bagi generasi muda untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih kritis, percaya diri, dan berdaya.


Generic placeholder image

Kolaborasi Dua Generasi Iwan Fals dan Nadin Amizah Pukau Ribuan Penonton di Solo

LAINNYA

Aug 18 2024, 23.49

Duet ini menjadi momen yang sempurna karena meninggalkan kesan mendalam bagi setiap orang yang hadir.


Generic placeholder image

Padukan Budaya dan Kuliner, Festival Dua Generasi di Mangkunegaran Resmi Dibuka

LAINNYA

Aug 17 2024, 18.28

Acara ini lebih dari sekadar festival, tetapi juga sebagai perwujudan dari semangat kolaborasi yang mendalam.


Generic placeholder image

Malam Penuh Nostalgia dalam Tur Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’ Makassar

LAINNYA

Aug 11 2024, 07.26

Lebih dari 20.000 penggemar setia memadati area konser, menciptakan suasana penuh memori dan membawa penonton kembali ke hari-hari di mana mereka tumbuh bersama lagu-lagu favorit Sheila On 7.


Generic placeholder image

Antusiasme Bubuhan Samarinda Buka Tur Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’

LAINNYA

Jul 27 2024, 23.13

Konser dimulai dengan laku pembuka Pejantan Tangguh yang langsung menghentak para penonton di malam minggu yang syahdu.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022