AdXelerate, Platform Iklan Digital yang Bisa Tingkatkan Pertumbuhan Bisnis Perusahaan

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Oct 09 2025, 13.46

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya PT Metra Digital Media (MDMedia), menghadirkan AdXelerate, platform programmatic advertising berbasis data telco terbesar di Indonesia yang mampu memberikan solusi periklanan digital yang lebih efisien, relevan, dan tepat sasaran bagi para pengiklan.

AdXelerate merupakan hasil kolaborasi TelkomGroup melalui MDMedia dengan Telkomsel bersama mitra strategis dalam penyediaan data dan marketing technology. Layanan ini akan memberikan layanan yang spesifik bagi para pengiklan untuk menampilkan produk mereka di berbagai layanan portal berita nasional, sehingga mencapai lebih dari 150 juta konsumen resmi Telkomsel.
 
Direktur Enterprise & Business Service Telkom Veranita Yosephine mengungkapkan, platform ini mempunyai keunggulan komparatif dibandingkan platform iklan digital lain yang sudah lebih dulu ada yaitu punya ekosistem bisnis yang besar di Telkom. Dengan adanya ekosistem ini, maka platform ini bisa meningkatkan pertumbuhan bisnis perusahaan yang menggunakan layanan ini.
 
Competitive advantage-nya adalah dari segi cost efficiency, karena kami memanfatkan skala ekonomi dari Telkom Group. Yang kedua juga adalah berkaitan dengan akses yang kita punya kepada consumer providing, karena kita juga punya businesses yang driving consumer access, so itu juga uniqueness yang kita punya. Dan ketiga adalah expertise yang kita miliki di Telkom Group dalam hal memahami bagaimana personalisasi ini bekerja karena kita sudah ada di bisnis ini dalam jangka waktu yang lama. Dan yang keempat adalah partners yang kita punya. Telkom adalah perusahaan yang punya partner sangat banyak dan juga reputasinya sudah mendunia,” kata Veranita di Jakarta, Kamis (9/10/2025).

Direktur Strategic Business Development and Portfolio Telkom Seno Soemadji menambahkan,  salah satu permasalahan mendasar di digital age itu adalah transparency. Transparency dalam artian seberapa efektif advertising atau inisiatif yang disampaikan. 

“Dalam hal ini bagaimana targeted end customer itu merespon terhadap iklan yang kita berikan. Dan kelebihannya adalah kita bisa melakukan follow up, bahkan dari online menuju offline. Jadi dari kita melakukan iklan di online, kemudian bagaimana impact-nya di offline store, contohnya, kita bisa menindaklanjutinya,” jelas Seno. 

Seno menegaskan, PT Telkom berharap kehadiran AdXelerate bisa membangun transparansi sehingga untuk bisnis pun lebih transparan terhadap digital agency.  Kata dia, AdXelerate akan memanfaatkan big data analytics yang dirancang dan dikembangkan untuk menampilkan iklan secara lebih efisien. 
 
Berbeda dengan advertorial programmatic lainnya yang bertumpu pada data yang terbatas, kata Seno, AdXelerate akan menggunakan data dari berbagai first-party data, untuk menargetkan audiens dengan cara yang lebih akurat dan lengkap. Sebagai hasilnya, promosi produk akan mencapai target yang spesifik dan nyata, dan sesuai dengan kebutuhan bisnis.
 
Menurut Seno, AdXelerate menghadirkan sejumlah keunggulan yang membedakannya dari platform periklanan digital lainnya. Platform ini mampu menghadirkan profil audiens yang komprehensif, dengan memanfaatkan beragam kategori minat dan atribut demografis yang diolah melalui teknologi big data analytic.
 
Selain itu, AdXelerate mendukung optimalisasi iklan secara real-time, di mana iklan dapat disesuaikan dalam hitungan milidetik berdasarkan performa. Hal ini memberikan fleksibilitas tinggi bagi pengiklan untuk menyesuaikan strategi pemasaran secara dinamis. Keunggulan lainnya adalah proses re-targeting, yang dapat mempertajam segmentasi target audiens melalui data-driven, automated process, dan machine learning, sehingga konversi dapat ditingkatkan sesuai dengan tujuan bisnis.
 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022