Tujuh Cara Promotor Meraih Keuntungan dari Konser Musik

blog_10

EKONOMI & BISNIS

May 16 2023, 00.37

Jika Anda adalah pencinta musik, tidak ada yang lebih mendebarkan daripada menyaksikan artis favorit Anda tampil secara langsung di atas panggung. Euforia dan kegembiraan yang menyertainya tidak dapat diukur dengan apa pun. 

Meskipun lebih murah untuk mendengarkan lagu artis favorit Anda dari rumah, banyak orang yang rela membeli tiket konser dengan harga selangit untuk melihat idola mereka secara langsung. Bagi mereka, bukan hanya lagunya yang membawa kegembiraan, tetapi juga pesta pora yang hanya bisa didapatkan selama konser berlangsung.

Selama bertahun-tahun, investor showbiz telah mengambil keuntungan dari daya tarik yang didapat dari konser, untuk menghasilkan pendapatan ratusan juta hingga miliaran rupiah dari artis yang ditampilkan.  Berikut adalah cara yang dilakukan promotor untuk menghasilkan banyak uang dari konser musik, seperti dikutip dari laman Wealthresult

1.     Menampilkan Artis yang Populer

Ketika menentukan apakah seorang artis populer atau tidak, jangan berdasarkan keputusan pada selera Anda sendiri. Apabila Anda menyukai artis populer tidak berarti artis tersebut telah mendapatkan popularitas dari orang lain. 

Anda harus bersikap objektif dengan mempertimbangkan situs web tangga lagu musik, program radio dan televisi yang sudah dianggap populer. Artis yang mendapat peringkat tinggi selama program-program tersebut artinya telah diterima di masyarakat. Ini adalah jenis artis yang diharapkan untuk Anda dekati dan membuat kesepakatan untuk menampilkan mereka dalam konser.

2.     Tetapkan Tanggal dengan Bijaksana

Saat memutuskan dengan artis tentang tanggal yang paling nyaman untuk menyelenggarakan konser, penting untuk berhati-hati dalam mengambil keputusan. Jangan membuat kesalahan dengan memilih tanggal yang kebanyakan orang tidak akan hadir. Faktor-faktor seperti cuaca, atau acara populer lainnya yang mungkin mereka anggap lebih menarik juga harus dipertimbangkan.

Jika Anda berada di negara dengan populasi mayoritas Muslim, jangan menetapkan konser Anda pada periode Ramadan agar tidak mendapatkan jumlah penonton yang rendah.

3.     Dapatkan Tempat Konser yang Nyaman

Penting bagi Anda untuk segera memberi tahu pemilik tempat acara yang akan digunakan untuk konser. Hal ini karena, seperti artis populer, mereka sering kali sudah dipesan beberapa acara sebelumnya. Jadi, segera hubungi mereka dan beritahukan rencana Anda untuk membawa artis populer ke gedung mereka. Pastikan tempat tersebut memiliki fasilitas yang sesuai dengan kenyamanan penonton Anda yang kemungkinan akan tinggal beberapa jam di malam hari.

4.     Mengatur Tiket

Saat Anda berencana untuk mencetak tiket, pastikan memberikan kontrak kepada perusahaan percetakan yang aman. Bahkan jika Anda harus menjual tiket secara online, pilihlah perusahaan yang memiliki kepercayaan dan pengalaman.

Cetaklah tiket sebanyak mungkin dan pastikan outlet yang menjual tiket Anda tersebar di berbagai tempat. Peringatan, jangan mencetak dan menjual tiket melebihi kapasitas yang tersedia di tempat acara Anda, karena hanya akan memunculkan kesulitan.

5.     Dapatkan Sponsor

Semakin populer artis, semakin banyak sponsor yang bisa ditarik. Terkadang, sponsor akan memberikan penawaran yang bisa menutupi semua biaya yang dikeluarkan sementara Anda masih mendapatkan keuntungan.

Ketika sponsor memilih untuk mendukung sebuah program, mereka melakukannya karena publisitas yang akan dihasilkan oleh acara Anda untuk mereka. Untuk itu, Anda mungkin perlu bekerja sama dengan stasiun TV atau radio agar acara Anda dapat menghasilkan publisitas yang dibutuhkan.

6.     Mengatur keamanan

Anda bisa berkonsultasi dengan perusahaan keamanan terkemuka yang akan memberi dukungan yang diperlukan untuk mengamankan konser. Anda juga membutuhkan orang-orang tepercaya lainnya yang akan berfungsi sebagai petugas, penjual tiket, dan bahkan pengecer jika Anda memilih untuk menjual minuman dan barang-barang lainnya sendiri.

7.     Mengiklankan Konser

Meskipun artis yang akan menggelar konser sangat populer, namun hal itu dianggap sia-sia jika Anda tidak mengiklankan konser itu. Anda dapat menjelajahi semua sarana iklan yang tersedia. Gunakan radio, TV, koran, dan majalah hiburan. Papan reklame dan internet juga merupakan media penyebaran informasi yang layak yang bisa bermanfaat untuk mengiklankan konser.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Menggali Potensi Anak Muda melalui Bernalar Berdaya di SMAN 85 Jakarta

LAINNYA

Aug 23 2024, 15.40

Melalui acara seperti ini, MudaBerdaya berharap dapat terus menjadi jembatan bagi generasi muda untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih kritis, percaya diri, dan berdaya.


Generic placeholder image

Kolaborasi Dua Generasi Iwan Fals dan Nadin Amizah Pukau Ribuan Penonton di Solo

LAINNYA

Aug 18 2024, 23.49

Duet ini menjadi momen yang sempurna karena meninggalkan kesan mendalam bagi setiap orang yang hadir.


Generic placeholder image

Padukan Budaya dan Kuliner, Festival Dua Generasi di Mangkunegaran Resmi Dibuka

LAINNYA

Aug 17 2024, 18.28

Acara ini lebih dari sekadar festival, tetapi juga sebagai perwujudan dari semangat kolaborasi yang mendalam.


Generic placeholder image

Malam Penuh Nostalgia dalam Tur Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’ Makassar

LAINNYA

Aug 11 2024, 07.26

Lebih dari 20.000 penggemar setia memadati area konser, menciptakan suasana penuh memori dan membawa penonton kembali ke hari-hari di mana mereka tumbuh bersama lagu-lagu favorit Sheila On 7.


Generic placeholder image

Antusiasme Bubuhan Samarinda Buka Tur Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’

LAINNYA

Jul 27 2024, 23.13

Konser dimulai dengan laku pembuka Pejantan Tangguh yang langsung menghentak para penonton di malam minggu yang syahdu.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022