Wapres: Indonesia Harus Ciptakan Sistem Mobilitas yang Cerdas, Aman dan Berkelanjutan

blog_10

EKONOMI & BISNIS

May 28 2024, 19.08

Wakil Presiden Indonesia, Ma'ruf Amin membuka ITS Asia Pacific Forum 2024 di Jakarta Convention Center. Penyelenggaraan forum sistem transportasi cerdas terbesar di Asia Pasifik itu bertujuan untuk bertukar ide, memamerkan inovasi teknologi, dan mendiskusikan kemajuan terbaru ITS. 
 
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menekankan pentingnya inovasi dan kolaborasi dalam menghadapi tantangan transportasi masa kini. 
 
"Indonesia sekali lagi menjadi tuan rumah gelaran internasional, dan ITS Asia Pacific Forum 2024 harus menjadi momen untuk menciptakan sistem mobilitas yang cerdas, aman, dan berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat," ujar Maruf Amin, di Jakarta Convention Center, Selasa (28/5/2024).
                
ITS Asia Pacific Forum 2024 yang diselenggarakan oleh Asosiasi ITS Indonesia, menjadi platform untuk mengeksplorasi teknologi mutakhir dan solusi inovatif yang mengubah sistem transportasi menjadi jaringan yang cerdas, aman, dan berkelanjutan. Forum ini mempertemukan pembuat kebijakan, pemimpin industri, ahli, dan perwakilan masyarakat sipil untuk memajukan inisiatif transportasi berkelanjutan di kawasan Asia-Pasifik.      
 
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyampaikan seluruh stakeholders industri transportasi dari berbagai negara akan menghadiri forum dua tahunan ini.
 
“Acara ini dihadiri oleh menteri transportasi negara-negara di kawasan Asia Pasific, para kepala daerah, duta besar negara asing di Jakarta, dan pimpinan organisasi internasional. Juga hadir BUMN, BUMD, dan sektor swasta.”, ungkap Budi.
 
Forum ini juga dihadiri oleh lebih dari 1.000 delegasi dari berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Australia, Kanada, China, Jepang, Korea Selatan, New Zealand, Malaysia, dan Singapura. Organisasi internasional seperti ITF (International Transport Federation), World Bank, Asian Development Bank, dan bahkan European Investment Bank juga turut berpartisipasi. Serta, lebih dari 50 pembicara nasional dan internasional akan mengisi berbagai sesi diskusi dan pameran teknologi yang menampilkan inovasi terbaru dalam transportasi.
 
Forum ini dibuka dengan peluncuran tiga inisiatif utama yang berdampak besar pada sektor transportasi di Indonesia. Di antaranya, Chair’s note on sustainable, yang telah dirumuskan bersama 28 perwakilan pemerintah negara sahabat. Deklarasi ini menegaskan komitmen untuk memajukan transportasi cerdas dan berkelanjutan di kawasan Asia-Pasifik melalui konektivitas regional, transportasi inklusif, solusi berdampak tinggi, dan mekanisme pembiayaan kreatif.
 
Selanjutnya, diluncurkan juga Jakarta Initiative on Sustainable and Intelligent Urban Mobility, sebuah rencana aksi konkret untuk pembangunan transportasi cerdas dan berkelanjutan yang dimulai dari Jakarta. Inisiatif ini melibatkan kolaborasi antara Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Asosiasi ITS Indonesia, ITS Asia Pasifik, dan 5P Global Movement, yang mencerminkan sinergi antara dunia usaha, asosiasi transportasi, dan aliansi masyarakat sipil global.                
 
Kadin bersama ITS Indonesia dan Gerakan 5P Global, menginisiasi Jakarta Initiative on Sustainable and Intelligent Urban Mobility dengan fokus pada tiga pilar utama: keberlanjutan (mempromosikan kendaraan listrik, bahan bakar ramah lingkungan, dan budaya bersepeda serta berjalan kaki), intelligence (menggunakan teknologi untuk mendukung ekosistem mobilitas), dan aksesibilitas (menciptakan solusi mobilitas inklusif yang aman, andal, dan terjangkau bagi semua warga negara).
 
“Diharapkan inisiatif ini akan dapat menjadi katalisator, yang diprakarsai oleh tiga pemangku kepentingan utama: Sistem Transportasi Cerdas (ITS) Indonesia, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia), dan Gerakan Global 5P. Kami akan fokus pada Jakarta sebagai titik awal sebelum mereplikasi model ini ke kota-kota lain. Kita memerlukan upaya kolaboratif yang inklusif – gotong royong dari pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat sipil sangat penting untuk mewujudkan cita-cita bersama kita, yaitu sistem transportasi yang lebih cerdas, lebih hijau, dan lebih terhubung untuk Indonesia dan kawasan Asia Pasifik yang lebih luas," jelas Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid.
 
Terakhir, peluncuran kampanye Electric Mobility Road to COP 29 (E-mobi to COP29), yang merupakan peluncuran penggunaan kendaraan listrik oleh delegasi COP29, dimulai dari Jakarta, Roma, dan Baku, menegaskan komitmen terhadap energi bersih dan mobilitas berkelanjutan. komitmen Indonesia terhadap penggunaan energi bersih dan transportasi berkelanjutan.
 
Presiden ITS Indonesia William P. Sabandar menambahkan, ITS Asia Pacific Forum 2024 memberikan kesempatan untuk belajar, berbagi, dan berkolaborasi. 
 
“Contoh konkretnya adalah diluncurkannya 3 inisiatif di sektor Transportasi di hari pertama dari event ini. Tentu kami berharap forum serta tiga inisiatif yang diluncurkan dapat mendorong implementasi teknologi transportasi cerdas yang dapat meningkatkan kualitas hidup dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” jelas William.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Wapres: Peluncuran RIPPP dan SIPPP, Momentum Penting dalam Sejarah Pembangunan Papua

LAINNYA

Jun 07 2024, 09.17

RIPPP Tahun 2022-2041 mengusung visi besar Terwujudnya Papua Mandiri, Adil, dan Sejahtera.


Generic placeholder image

ITS Asia Pacific Forum Dorong Peningkatan Kualitas Transportasi di Indonesia

EKONOMI & BISNIS

May 22 2024, 17.50

ITS Asia Pacific Forum yang diadakan setiap dua tahun ini juga akan mempertemukan pemerintah, pelaku industri serta ahli di industri transportasi dari seluruh dunia.


Generic placeholder image

Wapres: Kelola Potensi Bonus Demografi dengan Baik

LAINNYA

Apr 26 2024, 04.50

Sumber daya manusia yang ada nantinya betul-betul menjadi aset dan kekuatan bangsa.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022