Cangkang Sawit Bisa Diubah Jadi Energi Terbarukan

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jul 10 2024, 07.00

BUMN Sawit Sub Holding PTPN IV PalmCo menjajaki kolaborasi dengan FGV Bulkers, anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Malaysia Holdings Berhard, FGV Bulkers.

Kerja sama ini untuk memperluas pemanfaatan biomassa dari cangkang sawit sebagai energi baru terbarukan dalam upaya mencapai target netralitas karbon atau Net Zero Emissions 2060.

"Kami menyambut baik kehadiran rekan-rekan dari FGV Bulkers untuk menjajaki kerjasama perluasan pemanfaatan biomassa sebagai energi baru terbarukan. Sebagai perusahaan milik negara, PTPN IV Regional III telah menempuh langkah-langkah percepatan pemanfaatan EBT, baik itu dengan keberadaan pembangkit tenaga biogas serta perluasan pemanfaatan biomassa," kata Region Head PTPN IV Regional III Rurianto dikutip dari laman infopublik.

Rurianto mengatakan, penjajakan kerja sama itu dilaksanakan FGV Bulkers dalam pemanfaatan cangkang sawit sebagai salah satu by product yang dihasilkan PTPN IV Regional III.

Cangkang sawit merupakan salah satu by-product atau produk sampingan yang dihasilkan perusahaan dan bisa menjadi andalan sebagai sumber energi baru terbarukan (EBT).

PTPN IV Regional III atau yang sebelumnya bernama PTPN V, secara masif memanfaatkan pembangkit tenaga biogas sebagai sumber energi utama pada boiler pabrik kelapa sawit.

“Pembangkit tenaga biogas merupakan sebuah teknologi melalui penangkapan gas metan atau methane capture yang dihasilkan limbah cair sawit atau palm oil mill effluent (POME). Gas metan itu selanjutnya diolah sedemikian rupa sehingga menjadi bahan bakar ramah lingkungan,” jelas dia.

Menurut Rurianto, PTPN IV PalmCo Regional III telah mengoperasikan lima pembangkit tenaga biogas, dengan tiga unit diperuntukkan sebagai co-firing bahan bakar boiler dan dua lainnya menghasilkan energi listrik.

Sementara, satu unit pembangkit tenaga biogas (PTBg) co-firing lainnya akan segera beroperasi pada tahun ini yang berlokasi di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Sei Rokan.

“Keberadaan PTBg membuat perusahaan beralih dari yang sebelumnya menjadikan cangkang sebagai biomassa untuk boiler menjadi by-product yang bisa dimanfaatkan secara luas,” kata Rurianto.

Head of Corporate Services FGV Bulkers, Muhammad Bakri, mengatakan, dirinya mendapat amanah untuk membangun komunikasi awal dan berkolaborasi membuka beragam potensi yang dapat dikembangkan dalam perkebunan sawit.

"Terutama kami melihat cangkang, kita berharap kolaborasi kedua belah pihak ini dapat menjadi langkah awal untuk bersama berkontribusi menuju net zero carbon," ujarnya.

Sebelum ke PTPN IV Regional III, Bakri bersama kedua rekannya terlebih dahulu mengunjungi PTPN IV Regional I dan II, serta dilanjutkan ke PTPN IV Regional V Kalimantan untuk mengkaji potensi kerjasama kedua belah pihak.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Warga di Cikoko Manfaatkan Kotoran Sapi Menjadi Energi Terbarukan

EKONOMI & BISNIS

Jul 13 2024, 13.40

Sebagian warga di wilayah Cikoko telah turun-temurun berprofesi sebagai peternak sapi.


Generic placeholder image

Indonesia Baru Manfaatkan 0,3% Potensi Energi Bersih yang Dimiliki

EKONOMI & BISNIS

Jan 15 2024, 11.22

Indonesia bisa menjadi pelopor dalam transisi energi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.


Generic placeholder image

Pemerintah Indonesia Undang Investor dari Uni Eropa untuk Investasi di Sektor Energi Terbarukan

EKONOMI & BISNIS

Oct 26 2023, 07.22

Pemerintah Indonesia menjalin kerja sama dengan Uni Eropa yang lebih berpengalaman dalam menjalankan proses transisi energi.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022