Warga di Cikoko Manfaatkan Kotoran Sapi Menjadi Energi Terbarukan

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jul 13 2024, 13.40

Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, meninjau instalasi biogas di peternakan sapi yang terletak di Kelurahan Cikoko, Pancoran, Jakarta Selatan. Kotoran sapi tersebut dimanfaatkan oleh warga menjadi energi terbarukan.

Heru menjelaskan, sebagian warga di wilayah Cikoko telah turun-temurun berprofesi sebagai peternak sapi. Sebelumnya, terdapat keluhan warga sekitar karena para peternak belum mengetahui cara mengelola kotoran sapi. 

Pemprov DKI Jakarta kemudian berupaya mengatasi permasalahan lingkungan tersebut dengan mengelola kotoran sapi menjadi energi terbarukan, sehingga tidak berdampak negatif bagi lingkungan sekitar.

"Ini cukup bagus dalam pengelolaan lingkungan. Yang pertama, peternak sapi tetap di sini. Dengan adanya pengelolaan yang baik, maka warga juga tidak terganggu. Ini adalah contoh energi terbarukan yang bisa jadi edukasi bagi banyak pihak," ujar Heru dilansir dari laman Infopublik.

Instalasi biogas ini akan mengolah limbah kotoran sapi yang terdiri dari feses dan urine. Setelah melalui penampungan kotoran, gas metana akan secara alami muncul. Gas tersebut kemudian ditampung dan didistribusikan melalui pipa ke rumah-rumah warga yang berada di sekitar kandang.

"Gas disalurkan kepada warga. Sampai saat ini, ada 27 rumah yang sudah menerima gas tersebut. Untuk sementara waktu, gas ini masih gratis oleh koperasi di sini. Ke depan, akan dikenakan tarif Rp30.000 per rumah per bulan. Jika biasanya warga menghabiskan dua tabung LPG senilai Rp60.000, nantinya hanya ditarik Rp30.000 dan tanpa batas penggunaan, warga bisa memakainya sepuasnya," jelas Heru.

Selain biogas, ada pula pupuk dari urine sapi yang dijual seharga Rp25.000, pupuk padat dari feses sapi seharga Rp10.000, dan pupuk cair seharga Rp20.000. Masyarakat dapat membeli produk ini secara online melalui nomor telepon 081-7762-611.

Heru menyebut, pengelolaan kotoran sapi akan mengadopsi inovasi yang dilakukan di peternakan sapi biogas Cikoko. Ia menyampaikan bahwa terdapat 73 peternak sapi di Jakarta Selatan, masing-masing memiliki 10-15 ekor sapi.

"Pengelolaan keuangan nantinya akan melibatkan koperasi yang sudah lama diikuti oleh para peternak. Hasil penjualan akan masuk ke koperasi, dan dana yang terkumpul akan digunakan untuk perawatan," tambah Heru.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Cangkang Sawit Bisa Diubah Jadi Energi Terbarukan

EKONOMI & BISNIS

Jul 10 2024, 07.00

Cangkang sawit merupakan salah satu by-product yang bisa menjadi andalan sebagai sumber energi baru terbarukan.


Generic placeholder image

Indonesia Baru Manfaatkan 0,3% Potensi Energi Bersih yang Dimiliki

EKONOMI & BISNIS

Jan 15 2024, 11.22

Indonesia bisa menjadi pelopor dalam transisi energi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.


Generic placeholder image

Pemerintah Indonesia Undang Investor dari Uni Eropa untuk Investasi di Sektor Energi Terbarukan

EKONOMI & BISNIS

Oct 26 2023, 07.22

Pemerintah Indonesia menjalin kerja sama dengan Uni Eropa yang lebih berpengalaman dalam menjalankan proses transisi energi.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022