Tarik Investor, Pemerintah Bentuk Indeks Khusus Emiten Parekraf

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jul 17 2024, 10.27

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendorong penguatan indeks saham di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air dengan melakukan pembentukan indeks khusus emiten sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Pembentukan emiten khusus ini diharapkan dapat menarik lebih banyak investasi besar ataupun ritel ke depannya.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya menjelaskan potensi dari emiten yang bergerak pada industri film sangat besar. 

“Seperti yang diketahui bahwa industri film masih mempunyai cukup banyak ruang untuk tumbuh," ujar Nia.

Adapun beberapa indikatornya adalah meningkatnya jumlah penonton bioskop. Jumlah penonton bioskop di Indonesia di semester I tahun ini mencapai 40 juta. Berpotensi melewati rekor tahun 2022 sebesar 55 juta penonton.

Selain itu juga perkembangan ekonomi digital yang memungkinkan film yang sudah tayang secara reguler di bioskop dapat tayang setelahnya di platform streaming.

"Tentu saja dengan semakin diperhatikannya sektor parekraf yang melantai di Bursa Efek Indonesia, kami berharap akan semakin berdampak kepada perekonomian nasional," kata Nia.

Direktur Kajian Strategis Kemenparekraf Agustini Rahayu, Kemenparekraf juga telah menjalin kerja sama dengan Samuel Sekuritas. Kata dia, kerja sama ini bertujuan agar Kemenparekraf dapat memperoleh wawasan yang berharga, dukungan pengambilan keputusan, dan akses informasi terkini tentang emiten sektor parekraf, guna mengembangkan dan melaksanakan strategi yang lebih efektif dalam rangka memajukan industri parekraf.

Ayu menjelaskan bahwa MoU ini tidak hanya berfokus pada sektor film, namun seluruh subsektor yang ada di pariwisata dan ekonomi kreatif. 

"Ada tiga hal utama yang dibahas dalam MoU, yaitu pembentukan indeks emiten pariwisata dan ekonomi kreatif, analisa dan pembahasan tren emiten saham sektor parekraf, serta pembahasan peluang emiten parekraf di bursa saham Indonesia," tambah Ayu.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Pelabuhan Perikanan di Jembrana Diubah Jadi Destinasi Wisata Bahari

EKONOMI & BISNIS

Jul 15 2024, 07.01

Pengembangan ini diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata seperti negara-negara tetangga yang sukses memperkenalkan wisata bahari.


Generic placeholder image

Standar Protokol Keamanan di Labuan Bajo Diperkuat

LAINNYA

Jun 03 2024, 06.40

Kemenparekraf dan Basarnas melakukan simulasi penyelamatan korban kapal tenggelam.


Generic placeholder image

Empat Aplikasi Pemandu Wisata di Indonesia yang Wajib Diunduh

TEKNOLOGI DIGITAL

Mar 09 2024, 12.16

Aplikasi ini bermanfaat bagi wisatawan yang baru pertama kali berlibur.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022