Strategi Pemkab Lebak Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem Pasca Pandemi

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jul 26 2024, 15.20

Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten mengalokasikan anggaran sebesar Rp500,9 miliar untuk pengentasan kemisikian ekstrem. Pj. Bupati Lebak Iwan Kurniawan mengungkapkan, anggaran tersebbut digunakan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat serta mengurangi kantong-kantong kemiskinan.

“Melalui berbagai langkah yang dilakukan bersama potret kemiskinan Kabupaten Lebak terus mengalami perbaikan. Tingkat kemiskinan Kabupaten Lebak sempat mencapai angka 10,29% dampak dari pandemi COVID-19 dan saat ini sudah turun menjadi 8,68%,” kata Iwan dalam keterangan tertulis, Jumat (26/7/2024).

Iwan menambahkan, sejumlah langkah yang diambil Pemkab Lebak dalam menurunkan kemiskinan ekstrem antara lain bantuan tunai bagi penyandang disabilitas, fasilitas rumah singgah bagi keluarga pasien rujukan, paket sandang untuk disabillitas terlantar serta pemberian dana bantuan operasional sekolah.

Menurut Iwan, Kabupaten Lebak sudah memanfaatkan data registrasin sosial ekonomi dalam pengentasan kemiskinan ekstrem. Kata dia, penggunaan data Regsosek sangat tepat karena data tersebut merupakan kumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan.

“Data Regsosek akan menjembatani koordinasi dan berbagi pakai data lintas lembaga dan lintas daerah untuk memastikan pemakaian data yang konsisten karena terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan,” jelas Iwan.

Iwan menjelaskan, berdasarkan data dari Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan hingga 2024 masih ada 5.698 kepala keluarga di Lebak yang masuk kategori miskin ekstrem.

Karena itu, Iwan menegaskan, pengentasan kemiskinan di Kabupaten Lebak  masih perlu kolaborasi dengan banyak pihak.

“Kami meyakini bahwa dengan kolaborasi dan gotong-royong dari semua pihak, Kabupaten Lebak dapat mengatasi kemiskinan ekstrem,” kata Iwan.

 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Kemiskinan Ekstrem di Indonesia Hampir Mendekati 0 Persen

LAINNYA

Jul 27 2024, 22.43

SDG’s menetapkan target kemiskinan ekstrem entas pada 2030.


Generic placeholder image

Inovasi Jitu Kabupaten Lebak Turunkan Stunting, Inflasi, dan Kemiskinan

LAINNYA

Jul 25 2024, 16.32

18 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Lebak juga turun tangan membantu penanganan stunting.


Generic placeholder image

Kabupaten Lebak, Proyek Percontohan Pemanfaatan Data Regsosek melalui Aplikasi SEPAKAT

LAINNYA

Jul 24 2024, 16.26

Validitas data menjadi hal yang krusial untuk memastikan program pemerintah yang berorientasi kepada layanan yang lebih inklusif.


Generic placeholder image

Angka Kemiskinan Ekstrem di Indonesia Terus Mengalami Penurunan

LAINNYA

Jul 03 2024, 17.45

Persentase penduduk miskin ekstrem Indonesia pada Maret 2024 sebesar 0,83 persen, berhasil turun 0,29 persen poin terhadap Maret 2023 sebesar 1,12 persen.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022