Kelompok Kelas Menengah Krusial untuk Mencapai Visi Indonesia Emas 2045

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Oct 09 2024, 12.56

Kelompok kelas menengah merupakan mesin pertumbuhan ekonomi serta mempunyai peranan penting dalam aspek sosial dan politik. Staf Ahli Wakil Menteri Keuangan Parjiono mengungkapkan, rata-rata pengeluaran per kapita kelas menengah terus meningkat dan ini menandakan adanya peningkatan pengeluaran di kelas menengah.

Karena itu, pemerintah akan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara merata serta meningkatkan kelompok kelas menengah untuk mencapai Visi Indonesia Emas 2045.

“Kombinasi berkelanjutan dan menguatkan program prioritas diharapkan dapat mempercepat pencapaian  visi Indonesia emas tahun 2045 dan untuk mencapai tujuan ini perintah berkomitmen untuk melakukan terobosan kebijakan yang berfokus kepada beberapa hal. Pertama menciptakan pertumbuhan pembelian lebih tinggi dan kualitas tentunya melalui pencarian sumber pertumbuhan baru serta kedua meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara merata termasuk kelompok kelas menengah,” kata Parjiono di acara Indonesia Future Policy Dialogue yang diselenggarakan oleh Katadata Indonesia, Rabu (9/10/2024).

Visi Indonesia Emas 2045 adalah suatu gagasan yang bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat, maju, adil, dan makmur pada tahun 2045.

Parjiono menambahkan, pemerintah terus berupaya agar Indonesia bisa keluar dari middle income trap. Kata dia, untuk bisa keluar dari middle income trap, Indonesia harus mencapai pertumbuhan ekonomi 8 persen.

Parjiono mengungkapkan, pemerintah sudah menyiapkan strategi kebijakan fiskal untuk tahun 2025. 

“Strategi kebijakan fiskal tahun 2025 terdiri dari dua pendekatan pertama yakni strategi jangka menengah panjang dan strategi jangka pendek. Strategi jangka menengah panjang mencakup penguatan sumber daya manusia, hilirisasi industri dan transformasi ekonomi hijau serta peningkatan inklusivitas dan pembangunan pra sacter yang mendukung transformasi. Strategi jangka pendek fokus pada menjaga kelanjutan program prioritas yang ada serta membuat program unggulan untuk akselerasi yang bisa  meningatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Parjiono.

 

 

 

 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Amerika Serikat Dukung Upaya Pemerintah Mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045

LAINNYA

Oct 17 2024, 10.08

USAID mendukung upaya Pemerintah Indonesia mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 untuk menjadi negara maju dengan ekonomi yang berkelanjutan, tangguh, dan inklusif.


Generic placeholder image

Kenaikan PPN Menjadi 12% Berpotensi Menambah Jumlah Orang Setengah Menganggur

EKONOMI & BISNIS

Oct 09 2024, 12.18

Ada kemungkinan dengan naiknya PPN maka daya beli masyarakat menurun sehingga bisa mengurangi penerimaan pajak negara.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022