85 Kreator dari Indonesia Tampil di JICAF 2025

blog_10

EKONOMI & BISNIS

May 03 2025, 12.59

Jakarta Illustration & Creative Arts Fair (JICAF) akan  digelar pada 18 September–5 Oktober 2025 di The Space, Senayan City, Jakarta. Memasuki edisi ketiga, JICAF menjadi platform bagi illustrator, seniman, dan pelaku industri kreatif global untuk bertemu, berbagi ide, memperluas jejaring, serta memamerkan dan menjual karya mereka.

Pada edisi sebelumnya, JICAF 2025 mencatat peningkatan jumlah submisi karya yang signifikan yang berasal dari berbagai negara. Jika tahun lalu terdapat 570 karya yang masuk, tahun ini angka tersebut melonjak sekitar 41% menjadi 764 karya.

Menariknya, 80% dari karya yang disubmisi tahun ini berasal dari wajah-wajah baru, yakni para kreator yang sebelumnya belum pernah memamerkan karyanya di JICAF, menunjukkan antusiasme dan regenerasi dalam komunitas kreatif.

Para kreator yang mengirimkan karyanya ke JICAF tahun ini telah melewati proses kurasi yang sangat ketat, hingga akhirnya terpilih 85 kreator untuk memamerkan dan menjual karya mereka. Proses seleksi ini dilakukan oleh kurator-kurator ternama, di antaranya Angel Lukito (General Manager EXSPORT), Ardhira Putra (Illustrator dan Motion Designer), Devi Attamimi (Group CEO Hakuhodo International Indonesia), Ferry Dermawan (Co-Founder Plainsong Live dan Direktur Joyland Festival), Isyana Sarasvati (Penyanyi dan Penulis Lagu), Lans Brahmantyo (Founder Afterhours Book), Mochtar Sarman (CEO Machali Sport International dan Seniman), Quiccs (Desainer mainan asal Filipina), Sheila Dara (Aktris), dan Windi Salomo (Gallerist).

Beberapa kreator terpilih asal Indonesia di antaranya Kendra Ahimsa (Ardneks), ilustrator yang menggabungkan musik, budaya, dan warna psikedelik, serta berkolaborasi dengan musisi dunia; Lala Bohang, penulis dan seniman visual yang mengeksplorasi tema identitas dan memori dalam karya-karyanya, termasuk buku terlaris dan pameran internasional; serta Radio Woon dari Malaysia, seorang ilustrator dan desainer grafis yang kini fokus pada proyek "LALA COMPANY" dan telah berkolaborasi dengan merek ternama seperti adidas, Marshall, dan Starbucks.

JICAF menghadirkan konsep "Supermarket Artwork," di mana pengunjung dapat membeli karya kreator dalam berbagai bentuk, mulai dari art print, wearable art, trinket, hingga toys. Konsep ini memberi kesempatan bagi pengunjung untuk mengoleksi seni dalam bentuk yang lebih praktis dan personal.

Sunny Gho selaku Fair Director & Co-Founder JICAF antusias dengan partisipasi para kreator di JICAF 2025.
 
"JICAF 2025 kembali menghadirkan karya dari para kreator di  seluruh dunia. Kami sangat senang melihat adanya peningkatan yang signifikan dalam jumlah karya yang disubmisi. Hal ini menunjukkan bahwa JICAF telah berhasil menjadi wadah yang menyatukan beragam ide kreatif, memperluas jaringan, dan membuka peluang bagi para seniman untuk berkembang. Dengan adanya konsep 'Supermarket Artwork,' kami ingin memberikan pengalaman yang lebih interaktif dan memberi pengunjung kesempatan untuk memiliki karya seni dalam bentuk yang lebih praktis dan personal,” ujar Sunny.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

IP Lokal Indonesia Diperkenalkan di Rangkaian Festival Film Cannes 2025

LAINNYA

Apr 24 2025, 06.57

Tiga kreator IP yang akan terbang ke Cannes adalah Sunny Gho, Chris Lie dan Bryan Valenza.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022