Dibantu Cristiano Ronaldo, Riyadh Terpilih Jadi Tuan Rumah Expo 2030

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Nov 29 2023, 15.01

Riyadh, Arab Saudi, memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah pameran dunia Expo 2030 setelah mengalahkan Busan (Korea Selatan) dan Roma (Italia) dalam pemungutan suara. Pameran dunia Expo 2030 merupakan acara lima tahunan yang menarik jutaan pengunjung dan investasi miliaran dolar.

Riyadh meraih 119 suara, Busan 29 dan Roma 17 dari total 182 anggota Bureau International des Expositions (BIE) yang berbasis di Paris. Arab Saudi perlu mengumpulkan dua pertiga suara untuk menang dari putaran pertama. 

Riyadh telah meminta bintang sepak bola Cristiano Ronaldo, yang bermain untuk Al-Nassr, untuk meyakinkan para anggota BIE dalam sebuah video yang diputar sebelum pemungutan suara. Ibu kota Saudi tersebut telah mengajukan diri menjadi tuan rumah acara tersebut antara Oktober 2030 dan Maret 2031.

Kemenangan ini merupakan kemenangan yang sangat penting bagi program ambisius penguasa de-facto, Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman, yang bertujuan untuk melepaskan diri dari ketergantungan pada minyak.

"Kami memiliki tim menteri yang fantastis yang berkeliling dunia, melibatkan rekan-rekan kami dengan cara yang sangat, sangat aktif untuk memahami apa yang mereka harapkan, apa yang mereka cari, dan apa yang harus kami berikan untuk mendapatkan kepercayaan mereka," ujar Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud, dilansir dari laman Channel News Asia.

Para kritikus mengatakan Pangeran Mohammed ingin menggunakan acara ini untuk memperbaiki citra negaranya setelah pembunuhan jurnalis terkemuka Saudi Jamal Khashoggi pada 2018, yang menurut para pemimpin Barat diperintahkan oleh putra mahkota.

Profesor pariwisata dan warisan budaya dari Western Sydney University, Joseph Cheer, mengatakan bahwa kemenangan Riyadh itu sudah bisa ditebak.

"Jika Anda adalah orang yang suka bertaruh, Anda akan menaruh semua uang Anda - bahkan rumah Anda - untuk Arab Saudi," kata Prof Cheer, yang juga menjabat sebagai dekan asosiasi untuk urusan internasional di universitas Western Sydney.

Dia menyamakan kemenangan Arab Saudi dengan tuan rumah Piala Dunia Qatar tahun lalu.

Kata Cheer, kemenangan Riyadh sangat penting bagi Arab Saudi. Karena negara ini terus mengatasi keraguan regional dan global atas catatan hak asasi manusianya dan perlakuannya terhadap perempuan.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Ronaldo Masih Jadi Atlet dengan Bayaran Termahal di Dunia

LAINNYA

May 17 2024, 10.07

Untuk kali keempat di sepanjang karirnya, Ronaldo mendapatkan gelar atlet dengan bayaran termahal di dunia.


Generic placeholder image

Cristiano Ronaldo, Atlet dengan Bayaran Tertinggi di Dunia

LAINNYA

Feb 09 2024, 11.37

Ronaldo mengungguli Lionel Messi, Neymar dan Kylian Mbappe.


Generic placeholder image

Lima Atlet dengan Nilai Kontrak Fantastis di Sepanjang Sejarah

EKONOMI & BISNIS

Jan 10 2024, 08.05

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi bukan atlet dengan nilai kontrak terbesar.


Generic placeholder image

25 Artikel Paling Banyak Dibaca di Wikipedia pada 2023

TEKNOLOGI DIGITAL

Dec 11 2023, 07.54

Ada lima film yang paling banyak dibaca di Wikipedia di sepanjang tahun ini, salah satunya adalah film India.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022