Lima Fakta Menarik Pariwisata Indonesia yang Diakui Dunia

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jan 23 2024, 10.26

Indonesia memiliki potensi pariwisata yang besar, dan hal ini tampak dari pariwisatanya yang terus mengalami kemajuan serta perkembangan yang pesat. Pesatnya perkembangan pariwisata tersebut dibuktikan dengan banyaknya prestasi Indonesia yang diakui dunia. 

Untuk lebih mengenal pariwisata Indonesia, berikut ini lima fakta menarik pariwisata Indonesia yang diakui dunia, sebagaimana dilansir dari laman  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

1. Indonesia adalah Negara yang Paling Ramah

Alasan mengapa banyak wisatawan asing yang nyaman berlibur ke Indonesia bukan hanya karena kagum dengan keindahan  alamnya saja, tapi juga karena keramahan masyarakatnya dalam menyambut para wisatawan. Hal ini dibuktikan dengan survei Expat Insider 2022 dari Internations yang menyebutkan bahwa, Indonesia merupakan salah satu negara yang paling ramah di dunia.

Terpilihnya Indonesia sebagai salah satu negara teramah di dunia cukup masuk akal, karena budaya senyum dan sapa masih sangat kental di setiap masyarakatnya.

2. Indonesia Memiliki Banyak Tempat Menyelam Terbaik 

Dalam hal keindahan alam, Indonesia adalah juaranya. Indonesia tidak hanya dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan, tetapi juga memiliki pemandangan bawah laut terbaik di dunia. Tidak heran jika alam bawah laut Indonesia disebut sebagai surga menyelam.

Banyak tempat menyelam di Indonesia yang sudah diakui dunia, seperti Pulau Misool, Raja Ampat, Papua Barat. Surga yang terletak di timur Indonesia ini memiliki sepertiga karang dunia, dan karena itulah wisatawan bisa menemukan banyak biota laut seperti berbagai jenis ikan hias, penyu, hiu, dan terumbu karang. 

Selain itu, banyak tempat menyelam di Indonesia yang sudah diakui dunia, serta menjadi incaran wisatawan mancanegara, antara lain Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, dan Kepulauan Derawan, di Kalimantan Timur.

3. Tempat Berselancar Level Internasional 

Fakta menarik lainnya adalah, Indonesia merupakan salah satu tempat berselancar level internasional. Selain memiliki banyak tempat berselancar yang menantang, tempat berselancar di Indonesia juga sering menjadi tuan rumah kejuaraan selancar internasional.

Salah satu spot surfing di Indonesia yang sering dijadikan destinasi wisata olahraga  adalah Pantai Plengkung, atau G-Land di Banyuwangi. Tantangan yang selalu membuat para peselancar ketagihan adalah, gulungan ombak yang mencapai 6-8 meter di G-Land Banyuwangi.

Jika wisatawan ingin sesuatu yang lebih menantang, mereka dapat mengunjungi Pantai Suluban di Bali, Pantai Sorake di Nias, Pantai Tanjung Setia di Lampung, dan Pulau Nihiwatu di Sumba Barat.

4. Ubud, Tempat yang Sempurna untuk Ketenangan Hati dan Pikiran

Selain memiliki destinasi wisata olahraga yang memacu adrenalin, Indonesia juga memiliki tempat terbaik untuk ketenangan hati dan pikiran. Salah satunya adalah kawasan Ubud, Bali yang merupakan andalan para wisatawan, yang membutuhkan penyegaran pikiran.

Ubud memiliki banyak tempat wisata yang cocok untuk ketenangan hati dan pikiran, salah satunya adalah Terasering Tegalalang. Tempat wisata ini berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut, dan menawarkan pemandangan terasering sawah yang hijau. Selain menyegarkan mata, suasana Ubud yang asri membantu menenangkan pikiran, serta menghapus beban di pundak.

5. Bali Menjadi Destinasi Terbaik

Fakta lain yang menakjubkan tentang pariwisata Indonesia adalah Bali, yang menjadi salah satu destinasi terpopuler di dunia. Dalam penghargaan TripAdvisor Travelers' Choice Award for Destinations, Bali dinobatkan sebagai destinasi terpopuler kedua di dunia mengungguli London dan Paris.

Hebatnya lagi, menurut survei operator perjalanan dan pariwisata Prancis, Club Med, Bali dinobatkan sebagai The World's Happiest Holiday Destination pada tahun 2022. Penghargaan ini membuktikan bahwa Bali merupakan destinasi terbaik untuk liburan yang menyenangkan, serta bebas dari stres.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Pelabuhan Perikanan di Jembrana Diubah Jadi Destinasi Wisata Bahari

EKONOMI & BISNIS

Jul 15 2024, 07.01

Pengembangan ini diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata seperti negara-negara tetangga yang sukses memperkenalkan wisata bahari.


Generic placeholder image

Indonesia Siapkan 55 Side Events Selama World Water Forum 2024

EKONOMI & BISNIS

May 08 2024, 07.10

Forum air terbesar dunia yang baru pertama kali diadakan di Indonesia tersebut turut melibatkan banyak pemangku kepentingan.


Generic placeholder image

Kejar Turis dari Timur Tengah, Indonesia Promosi di Arabian Travel Market

EKONOMI & BISNIS

May 08 2024, 06.49

ATM Dubai 2024 diperkirakan akan dikunjungi oleh lebih dari 40.000 pengunjung.


Generic placeholder image

Gandeng AC Milan, Sineas Indonesia Promosikan Pariwisata di Film Forza

LAINNYA

Mar 27 2024, 05.48

Film Forza sudah masuk tahap pascaproduksi dan akan rampung pada Juni 2024.


Generic placeholder image

Empat Pulau Terbaik di Indonesia untuk Tempat Wisata

GAYA HIDUP

Mar 01 2024, 13.09

Keindahan pulau-pulau di Indonesia itu terlukis pada empat pulau yang berpredikat terbaik.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022