15 Posisi Pekerjaan Ini Akan Tumbuh Cepat di 2024

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Feb 02 2024, 08.34

Dunia kerja sedang mengalami perubahan dan diperlukan keahlian untuk dapat membuat kita menjadi terus maju.

Faktanya, data LinkedIn menunjukkan bahwa model keahlian untuk pekerjaan telah berubah 24% sejak 2015 dan diproyeksikan akan meningkat 65% secara global pada 2030.

Sementara itu, laju perkembangan artificial intelligence (AI) dan otomatisasi juga telah menciptakan peluang dan tantangan baru untuk para profesional dan perusahaan yang bersiap menghadapi masa mendatang.

Menurut penelitian baru LinkedIn, 85% profesional di Indonesia berencana mencari pekerjaan baru di tahun 2024.

Platform jaringan profesional itu tersebut juga mengungkapkan 15 posisi pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia dan ikut serta dalam percakapan ini melalui tagar #JobsOnTheRise.

Daftar ini mengungkap tren pergerakan tenaga kerja dan wawasan mengenai peluang yang muncul, baik bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan baru, kembali ke pasar tenaga kerja, atau berinvestasi pada keahlian untuk mengamankan karir Anda.

Peneliti LinkedIn Economic Graph telah mengamati jutaan pekerjaan anggota LinkedIn sejak 1 Januari 2019 hingga 31 Juli 2023 guna menghitung tingkat pertumbuhan untuk setiap posisi pekerjaan.

Agar masuk dalam peringkat, posisi pekerjaan tersebut harus tumbuh secara konsisten di seluruh basis keanggotaan kami, serta telah menunjukkan perkembangan yang berarti pada tahun 2023.

Berikut 15 posisi pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia dan diprediksi akan banyak dicari perusahaan di 2024.

1. Data Specialist atau Data Scientist
Data science specialist mengumpulkan dan menganalisis data dalam jumlah besar (big data) untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi kemajuan perusahaan. Keahlian utama yang diperlukan pada pekerjaan ini adalah: Data Science, Python (Bahasa Pemrograman), Machine Learning.

2. Security Analyst
Security operations center analyst memantau, menganalisis, dan merespons insiden keamanan yang terjadi dalam lingkungan organisasi. Keahlian utama yang diperlukan pada pekerjaan ini adalah: Security Information and Event Management (SIEM), Security Operation Center, Keamanan Siber.

3. Social Media Specialist
Social Media Marketing Specialist merencanakan, mengembangkan, serta mengelola kampanye pemasaran dan konten di berbagai platform media sosial untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan, serta berinteraksi dengan audiens target. Keahlian utama: Copywriting, Pemasaran Media Sosial, Strategi Konten.

4. Digital Marketing Consultant
Digital Marketing Strategist bertanggung jawab mengembangkan, menerapkan, mengelola, dan meningkatkan strategi pemasaran digital secara keseluruhan untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) dan membangun koneksi yang efektif antara merek dengan pelanggan online. Keahlian utama: Pemasaran Digital, Strategi Digital, Copywriting.

5. Automation Test Engineer
QA Automation Engineer merancang dan menerapkan proses pengujian otomatis untuk memastikan kinerja, kualitas, dan keandalan perangkat lunak, aplikasi web, dan seluler. Keahlian utama yang diperlukan: Katalon Studio, Otomatisasi Pengujian, Appium.

6. Machine Learning Engineer
Pekerjaan ini merancang dan mengembangkan model machine learning, menerapkan algoritma kecerdasan buatan dan sistem yang dapat berjalan sendiri untuk berbagai produk dan aplikasi. Keahlian utama yang dibutuhkan adalah TensorFlow, Machine Learning, Deep Learning.

7. Robot Engineer
Robotics Engineer merancang, mengembangkan, memelihara robot dan sistem robotika untuk mendukung pekerjaan di berbagai industri seperti manufaktur, dirgantara, eksplorasi, dan kesehatan. Keahlian utama: UiPath, Otomatisasi Proses Robotik (RPA), Robotics

8. Mine Foreman
Mining Supervisor mengawasi dan mengelola berbagai kegiatan terkait operasi pertambangan, memastikan bahwa operasi tersebut berjalan dengan aman, efisien, dan sesuai dengan peraturan industri serta standar lingkungan yang berlaku. Keahlian utama: Mining, Coal Mining, GEOVIA Surpac.

9. BIM Modeler
Pekerjaan satu ini membuat, mengelola, dan menangani model 3D digital bangunan dan struktur lainnya menggunakan teknologi Building Information Modeling (BIM). Keahlian utama: Revit, Building Information Modeling (BIM), Navisworks.

10. Drone Pilot
Pilot drone bertanggung jawab atas penerbangan dan pengoperasian drone untuk berbagai keperluan seperti pengambilan foto dan video udara, survei dan pemetaan, pencarian dan penyelamatan, serta pemantauan area pertanian. Keahlian utama: Drone Piloting, Drone Videography, Drone Photography.

11. Sales Development Specialist
Sales Development Representative bertanggung jawab mencari peluang penjualan, menghubungi calon pelanggan, serta menghasilkan dan memvalidasi prospek potensial. Keahlian utama: Perolehan Prospek, Cold Calling, Business-to-Business (B2B).

12. Software Tester
Software Quality Assurance Tester bertugas melakukan pengujian terhadap software, membuat laporan dari hasil pengujian, dan memastikan suatu produk (software) bebas dari bug, gangguan, atau masalah lain, serta memenuhi persyaratan sebelum diluncurkan. Keahlian utama: Manual Testing, Pengujian Perangkat Lunak, Test Cases.

13. BIM Engineer
BIM Engineer mengelola keseluruhan proses BIM (Building Information Modelling) dan memastikan bahwa model digital yang dikembangkan memenuhi persyaratan proyek, standar industri, dan peraturan yang berlaku. Keahlian utama: Navisworks, Building Information Modeling (BIM), Revit

14. Strategic Partnerships Specialist atau Partnerships Development Officer
Partnership Specialist mengembangkan dan mengelola kemitraan serta kolaborasi strategis antara perusahaan, klien, vendor, dan pihak eksternal lainnya. Keahlian utama: Partnerships, Strategic Partnerships, Partnership Marketing

15. Cybersecurity Specialist
IT Security Specialist bertanggung jawab melindungi aset digital, data, dan sistem informasi perusahaan dari ancaman siber, pelanggaran keamanan, dan kerentanan. Keahlian utama: Keamanan Informasi, Keamanan Siber, IT Security Operations.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Telkom Akan Kembangkan AI yang Aman dan Memberikan Dampak Positif

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 09 2024, 06.57

Salah satu contoh pengembangan AI oleh Telkom adalah fitur bernama BigVision dalam produk BigBox.


Generic placeholder image

AI Bisa Kurangi 47 Juta Ton Emisi Per Tahun di Industri Pelayaran

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 18 2024, 17.49

Pelayaran menyumbang hampir 3 persen terhadap emisi karbon dioksida dunia.


Generic placeholder image

Gandeng OpenAI, Apple Hadirkan ChatGPT di iPhone

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 11 2024, 07.10

Produsen iPhone ini berusaha meyakinkan investor bahwa mereka tidak kalah dalam pertarungan AI dengan Microsoft.


Generic placeholder image

Fitur AI Terbaru Google Kerap Memberikan Jawaban yang Aneh

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 09 2024, 19.51

AI terkadang dapat memalsukan fakta.


Generic placeholder image

Apple Intelligence, AI Generatif Versi Apple

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 09 2024, 13.45

Cara yang paling jelas bagi Apple untuk merangkul AI generatif adalah melalui Siri, asisten virtual perusahaan.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022