Makanan Buka Puasa yang Dianjurkan oleh Ahli Nutrisi

blog_10

GAYA HIDUP

Mar 12 2024, 21.58

Ahli nutrisi Rahaf Al Bochi menyarankan umat muslim yang tengah puasa untuk menyantap kurma dan air saat berbuka puasa. Kurma adalah sumber gula yang cepat memberi energi, yang Anda butuhkan saat berpuasa di siang hari. 

Kurma juga mengandung serat, dan jika Anda memasangkannya dengan sumber protein seperti kacang-kacangan, maka dapat mencegah lonjakan gula darah yang tajam. 

“Beberapa pilihannya adalah selai kacang, kacang almond atau kenari. Tergantung pada ukurannya, Anda juga tidak perlu makan 10 buah kurma, cukup satu atau dua saja,” ujar Rahaf kepada CNN.

Kata Rahaf, saat berbuka puasa, Anda sebaiknya mengatur waktu dan tidak langsung menyantap makanan utama. Luangkan waktu beberapa menit untuk berdoa dan kemudian kembali makan. Dengarkan isyarat rasa lapar dan kenyang Anda dan pastikan bahwa Anda makan dengan perlahan, mengunyah makanan dan menikmatinya.

“Saat Anda menyusun makanan Anda, pastikan Anda memiliki karbohidrat kompleks, karbohidrat kaya serat, protein, dan lemak sehat. Visual yang bagus untuk digunakan adalah model piring sehat. Ini dapat membantu Anda menyeimbangkan makronutrien, memenuhi kebutuhan energi, dan kelompok makanan dengan porsi yang tepat,” jelas Rahaf.

“Bayangkan piring Anda dan bagi menjadi dua. Setengah dari piring Anda harus untuk sayuran non-tepung atau salad. Kemudian seperempat dari piring Anda harus berisi karbohidrat kompleks yang kaya serat, seperti quinoa atau kentang. Buah-buahan juga bisa diletakkan di sana. Seperempat bagian terakhir dari piring Anda adalah untuk protein, yaitu daging ayam, daging sapi, dan daging lainnya,” lanjut Rahaf.

Saat sahur, Rahaf menyarankan konsumsi protein yang cukup untuk menopang tubuh. Karena, protein dan lemak sehat lebih lambat dicerna oleh tubuh sehingga memberi Anda energi sepanjang hari. Contohnya adalah telur, alpukat dan roti panggang, gandum semalam, semangkuk yogurt Yunani, wafel protein, dan burrito yang diisi dengan kacang-kacangan dan telur.

Orang-orang suka makan nasi, ayam, salad dan sup untuk makan malam. Untuk hidangan berbuka puasa, pastikan Anda memasukkan jenis-jenis makanan tersebut ke dalam model piring sehat.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Enam Makanan Buka Puasa Tanpa Minyak yang Sehat dan Tetap Enak

GAYA HIDUP

Mar 22 2024, 15.11

Makanan untuk berbuka puasa sering kali disarankan yang mengandung banyak cairan dan gula alami.


Copyright Katadata 2022