Lima Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Mencegah Maag Kambuh

blog_10

GAYA HIDUP

Mar 25 2024, 10.50

Menu sehat untuk santap sahur dan berbuka puasa sangatlah dianjurkan selama bulan Ramadan ini, terutama bagi para penderita maag.

Penderita masalah lambung satu ini memang wajib menjaga pola makan, dan waktu makan juga harus teratur. Penderita maag disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan pedas, asam, dan sebaiknya mengurangi minuman yang terlalu dingin serta panas.

Dilansir dari Instagram Nourish Indonesia, berikut ini lima menu sehat yang disarankan untuk dikonsumsi pada saat sahur dan berbuka puasa, untuk mencegah maag kambuh.

1. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran seperti kangkung, wortel, brokoli, kubis, anggur, aprikot dan kiwi, merupakan makanan yang baik dan sehat untuk lapisan perut dan usus.

2. Pisang Raja

Pisang mengandung nutrisi yang mampu membantu menetralisir selaput lendir yang meradang dan iritasi. Pisang Raja adalah jenis pisang terbaik untuk penderita maag.

3. Madu

Madu terkenal akan sifat anti-bakterialnya, dan juga prebiotik yang baik. Oleh karena itu, madu juga dianjurkan untuk dikonsumsi bagi para penderita maag.

4. Ikan Berminyak

Jenis ikan seperti salmon, makarel dan sarden yang mengandung asam lemak omega 3, yang dikenal baik untuk mengurangi risiko maag.

5. Yogurt

Yogurt mengandung mikroorganisme yang bermanfaat untuk menghambat maag kambuh.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Lima Pilihan Menu Sahur yang Sehat

GAYA HIDUP

Mar 15 2024, 20.17

Jenis makanan dalam menu sahur sehat yang disarankan adalah makanan yang mengandung berbagai nutrisi.


Generic placeholder image

Lima Tips Mencegah Maag Kambuh saat Puasa

GAYA HIDUP

Mar 14 2024, 07.38

Perut yang kosong tanpa makanan dan minuman lebih dari 12 jam selama puasa bisa menyebabkan produksi asam lambung meningkat.


Copyright Katadata 2022