Pemerintah Akan Buat Kebijakan Bebas Rokok di Dalam Rumah

blog_10

GAYA HIDUP

May 30 2024, 06.39

Pemerintah melalui  Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) terus berupaya membuat kebijakan yang mengatur kawasan bebas rokok. Hal itu sebagai satu dari sejumlah upaya guna mencegah generasi muda merokok.

"Kami juga sedang mengupayakan bagaimana di dalam rumah pun nantinya harus bebas rokok," ucap Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Kesehatan dan Pendidikan Kemen PPPA, Amurwani Dwi Lestariningsih dalam live streaming media briefing Hari Tanpa Tembakau Sedunia, dilansir dari laman InfoPublik.

Kata Amurwani, hal itu dikarenakan banyak sekali rokok dimulai dari konsumsi di rumah tangga. Inilah yang juga menyebabkan banyak dampak, termasuk dampak pertumbuhan anak.

"Banyak uang yang seharusnya untuk konsumsi rumah tangga justru habis untuk membeli rokok, bukan untuk bahan makanan seperti telur, daging, dan ayam. Oleh karena itu, kami mengkampanyekan agar mengurangi konsumsi rokoknya dimulai dari rumah tangga," kata dia.

Amurwani menyampaikan pihaknya juga telah memberikan masukan kebijakan dalam RPP Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait izin edar. Yakni dimana setiap orang yang memproduksi, mengimpor, dan mengedarkan produk tembakau serta rokok elektronik wajib memiliki izin sesuai ketentuan perundang-undangan.

Kebijakan lainnya yang diusulkan adalah larangan penjualan produk tembakau dan rokok elektrik bagi warga berumur di bawah 21 tahun serta ibu hamil.

Semua itu, lanjut dia, karena Kemen PPPA ingin memberikan perlindungan terhadap anak yang sudah di atur dalam konvensi Hak Anak tahun 1898, yang kemudian dibentuk dalam keputusan Presiden No.36 tahun 1990, dan diturunkan dalam UU No.23 tahun 2002, yang kemudian diperbaharui dengan UU No.35 tahun 2014 tentang UU Perlindungan Anak yang juga bagian dari program Kemen PPPA dalam rangka melindungi kesehatan anak-anak sebagaimana yang tertuang dalam klaster ke-3 dari 5 klaster dalam konvensi Hak Anak terkait kesehatan dasar dan kesejahteraan.

Berdasarkan data Kemenkes, prevelensi perokok anak dari tahun ke tahun sudah semakin meningkat, bahkan perokok perempuan juga ikut meningkat sebesar 0,3 persen.

Menurut survei kesehatan Indonesia 2023, prevalensi merokok pada penduduk berumur 10-18 tahun sebanyak 14,3 persen adalah anak laki-laki dan 0,2 persen anak perempuan.

“Indonesia masih menduduki negara yang paling tinggi dalam konsumsi rokok. Hal ini dikarenakan masih belum kuatnya regulasi yang di buat dalam pelarangan rokok. Meski demikian, Kemen PPPA mencoba melakukan kontrol terhadap penggunaan rokok,” ujar Amurwani.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

56 Persen Perokok Aktif di Indonesia Berusia 15-19 Tahun

GAYA HIDUP

May 30 2024, 14.01

Jumlah perokok aktif di Indonesia mencapai 70 juta orang.


Generic placeholder image

Rokok Bisa Membuat Anda Kurus? Ini Kata Peneliti

GAYA HIDUP

Apr 10 2024, 16.46

Secara khusus, penelitian ini menemukan bahwa merokok meningkatkan lemak visceral.


Generic placeholder image

Enam Ciri-ciri Paru-Paru Kotor yang Wajib Diketahui para Perokok

GAYA HIDUP

Apr 05 2024, 13.07

Ciri-ciri paru-paru kotor kerap terabaikan karena biasanya hanya dianggap sebagai penurunan kesehatan biasa.


Generic placeholder image

Tips Sehat Berpuasa di Beberapa Hari Terakhir Ramadhan

GAYA HIDUP

Apr 03 2024, 13.52

Memperhatikan asupan makanan, memperbanyak cairan, dan berhenti merokok harus menjadi prioritas utama.


Generic placeholder image

Terpapar Rokok Sejak Kecil Tingkatkan Risiko Diabetes di Kemudian Hari

GAYA HIDUP

Mar 22 2024, 15.17

Paparan tembakau sebelum kelahiran, serta mulai merokok sejak masa kanak-kanak atau remaja.


Copyright Katadata 2022