Kurangi Menonton TV Jika Ingin Menua dengan Sehat

blog_10

GAYA HIDUP

Jun 14 2024, 11.45

Menonton acara favorit di sofa mungkin tampak seperti cara terbaik untuk melepas lelah, tetapi itu tidak ideal untuk penuaan yang sehat. Para peneliti merekomendasikan untuk mengurangi waktu menonton TV dan mendedikasikan jam-jam tersebut untuk beberapa bentuk aktivitas fisik, guna meningkatkan peluang Anda untuk menua dengan sehat.

Dilansir dari laman Medical Daily, sebuah studi yang dipimpin oleh Dr. Molin Wang dari Harvard's TH Chan School of Public Health menemukan bahwa mengganti satu jam menonton TV setiap hari dengan aktivitas fisik ringan di rumah dapat meningkatkan peluang mencapai usia sehat 70 tahun atau lebih sebesar 8%. Melakukan aktivitas fisik yang cukup berat, seperti berolahraga, selama jam tersebut dapat meningkatkan peluang tersebut sebesar 28%. Selain itu, bagi individu yang kurang tidur di malam hari, menggunakan waktu menonton TV untuk tidur tambahan juga mendorong penuaan yang sehat.

Tim peneliti mengevaluasi data lebih dari 45.000 orang yang menjadi bagian dari Studi Kesehatan Perawat. Para peserta setidaknya berusia 50 tahun dan tidak memiliki penyakit kronis apa pun ketika mereka memulai penelitian pada tahun 1992. 

Para peneliti melacak kebiasaan gaya hidup mereka selama 20 tahun, termasuk waktu yang dihabiskan untuk duduk di tempat kerja dan di rumah, menonton televisi, dan jam yang dihabiskan untuk berdiri atau berjalan di rumah. Data ini kemudian dibandingkan dengan informasi mengenai kesehatan dan penuaan mereka dari waktu ke waktu.

Studi tersebut menilai seseorang akan menua dengan sehat jika mereka mencapai usia 70 tahun atau lebih tanpa penyakit kronis berat dan gangguan ingatan, serta jika mereka menjaga kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan.

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Jama Network, waktu menonton televisi yang lebih lama menurunkan kemungkinan penuaan yang sehat. Sedangkan aktivitas fisik ringan (LPA) dan aktivitas fisik sedang hingga berat (MVPA) meningkatkan kemungkinan penuaan yang sehat dan menggantikan duduk menonton televisi dengan aktivitas fisik yang lebih lama. 

“LPA atau MVPA, atau tidur pada mereka yang tidur 7 jam per hari atau kurang, dikaitkan dengan peningkatan kemungkinan penuaan yang sehat, memberikan bukti untuk mengatur ulang perilaku 24 jam untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan,” kata penelitian tersebut.

Kemudian, para ahli berpendapat bahwa menonton TV merupakan kegiatan yang tidak sehat, bukan hanya karena tidak ada gerakan yang terlibat, namun juga membawa serangkaian kebiasaan tidak sehat lainnya.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Wanita Lebih Sering Insomnia, Berikut Tips Tidur Sehat Bagi Segala Usia

GAYA HIDUP

Jun 27 2024, 14.18

40% wanita lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria.


Generic placeholder image

Pengangkatan Ovarium Dini Dapat Mempengaruhi Kesehatan Otak Wanita

GAYA HIDUP

Jun 25 2024, 09.39

Penelitian ini melibatkan 22 peserta yang menjalani ooforektomi bilateral pramenopause (PBO) – pengangkatan kedua ovarium – sebelum usia 40 tahun.


Generic placeholder image

Kasus Kanker Penis Meningkat di Seluruh Dunia! Kenali Gejalanya

GAYA HIDUP

Jun 24 2024, 18.54

Para peneliti juga mengamati peningkatan insiden kanker penis standar usia di 15 negara.


Generic placeholder image

Latihan Ini Dapat Mempertahankan Kekuatan Kaki Pada Pensiunan

GAYA HIDUP

Jun 20 2024, 10.02

Massa dan fungsi otot rangka menurun secara alami seiring bertambahnya usia, yang memengaruhi mobilitas dan otonomi.


Copyright Katadata 2022