Enam Cara Menyenangkan Diri Sendiri di Tengah Kesibukan Kerja

blog_10

GAYA HIDUP

Jun 26 2024, 16.24

Bagi kebanyakan orang, menyendiri adalah satu hal yang buruk dan memiliki banyak sisi negatif. Tapi tahukah Anda, bahwa menyendiri ternyata ada sisi baiknya? 

Ketika seseorang dalam keadaan sendirian, orang tersebut justru dapat melakukan banyak hal positif sesuai dengan keinginannya. Hal ini menunjukkan bahwa meluangkan waktu untuk menyendiri ternyata menawarkan kesempatan untuk menemukan jati diri. 

Menyendiri merupakan waktu yang tepat untuk menyelami pikiran diri sendiri, mencari tahu apa yang membuat diri sendiri bahagia dan apa yang penting bagi diri sendiri, serta menggali potensi diri.

Menghabiskan waktu sendirian bisa seperti memulai perjalanan pribadi untuk merenung dan bertumbuh. Namun, sangat penting untuk diingat bahwa menyendiri tidak sama dengan merasa kesepian. 

Merasa kesepian berarti seseorang itu ingin berada di sekitar orang lain tetapi tidak mampu melakukannya. Di sisi lain, menyendiri berarti menghabiskan waktu sendirian ketika seseorang tidak bersama orang lain.

Dilansir dari Morocco World News, berikut ini enam cara mudah untuk menyenangkan diri sendiri di tengah kesibukan kerja menurut Kendra Cherry, spesialis rehabilitasi psikososial, pendidik psikologi, dan penulis buku berjudul Everything Psychology Book.

1. Memanjakan Diri

Memanjakan diri sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan pergi makan di restoran, dan menikmati pengalaman pribadi yang menyenangkan.

2. Menonton Film

Menonton film di bioskop sendirian dapat membantu seseorang untuk lebih fokus sepenuhnya pada film yang ditonton tanpa gangguan apa pun.

3. Menghadiri Konser

Menikmati beberapa irama dari band atau musisi favorit sendirian adalah cara yang mudah untuk menyenangkan diri sendiri melalui konser musik.

4. Mendaki Gunung

Mendaki gunung sendirian adalah cara termudah untuk menyatu dengan alam, dan menikmati saat-saat yang damai dengan sangat menyenangkan.

5. Bepergian Sendirian

Pertimbangkan untuk melakukan perjalanan sendirian. Hal ini mungkin terlihat menakutkan, tapi kegiatan ini bisa menjadi petualangan yang mengasyikkan, di mana seseorang bisa melakukan apa pun yang ia inginkan.

6. Mencoba Aktivitas Baru

Mengikuti kelas untuk mempelajari keterampilan baru seperti memasak, atau melukis, atau kursus bahasa asing adalah kesempatan yang menyenangkan untuk belajar dan bersenang-senang.

Semua ini menunjukkan bahwa kesendirian bukanlah hal yang buruk. Ini adalah kesempatan untuk menikmati kebersamaan dengan diri sendiri ,dan melakukan hal-hal yang disukai. Jadi, lain kali jika Anda sendirian, cobalah salah satu dari kegiatan tersebut, dan lihatlah betapa menyenangkannya kegiatan itu.

Selain itu, meluangkan waktu untuk merenung dan berpikir dapat membantu seseorang mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang diri sendiri, serta apa yang penting bagi dirinya. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan menuliskan isi perasaan di dalam jurnal, bermeditasi, atau sekadar duduk diam dan memikirkan hari berikutnya.

Apa pun cara yang dipilih untuk menghabiskan waktu sendiri, ingatlah bahwa ini semua adalah tentang melakukan apa yang membuat diri sendiri bahagia.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Tiga Manfaat Menghabiskan Waktu untuk Diri Sendiri bagi Kesehatan Mental

GAYA HIDUP

Apr 22 2024, 11.03

Hubungan sosial sangat penting untuk kesehatan emosional dan fisik.


Copyright Katadata 2022