Kota Malang Bersolek untuk Memanjakan Wisatawan

blog_10

GAYA HIDUP

Jul 31 2023, 11.16

Malang, salah satu kota besar di Jawa Timur ini mulai bersolek mempercantik diri sejak dua tahun yang lalu. Kini wajah Kota Malang berubah menjadi kota kuno dengan nuansa klasik bak Yogyakarta.

Perubahan wajah Kota Malang yang sekarang terlihat jelas di sepanjang Jalan Basuki Rahmat, yang lebih dikenal oleh masyarakat lokal sebagai Kayutangan Heritage Street.

Dimulai dari pertigaan PLN dan Jalan Brigjen Slamet Riadi (daerah Oro-oro Dowo), nuansa Yogyakarta klasik sangat kental terasa. Sebagian jalan raya di pertigaan tersebut dipaving, dan dilanjutkan ke arah Malang kota, di sepanjang trotoar kanan kirinya diberi bangku kayu dengan pegangan tangan dari besi yang diukir. Tak ketinggalan juga lampu-lampu kota yang bermodel klasik tertata rapih, yang sungguh menampakkan suasana ala Keraton Yogyakarta.

Berjalan lurus beberapa meter setelahnya akan ditemui perempatan Jalan Basuki Rahmat yang juga dipaving, yang mana di sepanjang trotoar jalan ini terasa sekali suasana Malioboro Kota Malang. Ditambah lagi dengan adanya kafe-kafe bernuansa tempo dulu yang pasti bisa memanjakan lidah warga lokal, dan pengunjung dari luar kota.

Satu yang menarik, kafe-kafe tersebut adalah bangunan-bangunan kuno yang hampir dipugar, namun dibersihkan dan diperbaiki kembali, kemudian disulap menjadi kafe-kafe Malang tempo dulu. 

Jika malam menjelang, band-band musik lokal mulai menghibur para pengunjung yang sedang menikmati kopi panas dan makanan ringan, atau mungkin sekedar duduk-duduk di bangku kayu, di sepanjang trotoar Jalan Basuki Rahmat.

Lanjut ke arah pusat Kota Malang, tepatnya di depan Kantor Telkomsel, berdiri sebuah jembatan layang dengan catnya yang berwarna biru tua, yang merupakan simbol warna Arema. Jembatan layang tersebut dibangun sudah sejak bertahun-tahun yang lalu, dan sempat mengalami kerusakan karena tak ada warga Malang yang menyeberangi jalan raya menggunakan jembatan tersebut.

Bersamaan dengan dirubahnya wajah Kota Malang, jembatan layang itu pun mengalami perbaikan, dan kini difungsikan kembali, baik untuk jembatan penyeberangan, maupun sebagai sarana untuk menikmati kelap-kelip Kota Malang di sore sampai malam hari.

Satu lagi bangunan tua yang menyemburkan aura tempo dulu adalah Gereja yang terletak tepat di samping restoran McDonald. Gereja tersebut menjadi salah satu daya tarik Kota Malang selain bangunan kuno lainnya seperti Masjid Agung Jami' yang kokoh berdiri di depan alun-alun Kota Malang. 

Ada juga Toko Oen, toko sekaligus kafe kuno yang dibangun sejak zaman pendudukan Belanda di Indonesia, serta Pecinan, komplek pertokoan warga keturunan Tionghoa yang sampai saat ini masih aktif sebagai pusat perbelanjaan.

Malang, kota yang berjuluk Kota Bunga, Kota Apel, serta Kota Pendidikan ini kian ramah kepada warga lokal, serta wisatawan luar kota dan mancanegara dalam memanjakan dan memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Menggali Potensi Anak Muda melalui Bernalar Berdaya di SMAN 85 Jakarta

LAINNYA

Aug 23 2024, 15.40

Melalui acara seperti ini, MudaBerdaya berharap dapat terus menjadi jembatan bagi generasi muda untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih kritis, percaya diri, dan berdaya.


Generic placeholder image

Kolaborasi Dua Generasi Iwan Fals dan Nadin Amizah Pukau Ribuan Penonton di Solo

LAINNYA

Aug 18 2024, 23.49

Duet ini menjadi momen yang sempurna karena meninggalkan kesan mendalam bagi setiap orang yang hadir.


Generic placeholder image

Padukan Budaya dan Kuliner, Festival Dua Generasi di Mangkunegaran Resmi Dibuka

LAINNYA

Aug 17 2024, 18.28

Acara ini lebih dari sekadar festival, tetapi juga sebagai perwujudan dari semangat kolaborasi yang mendalam.


Generic placeholder image

Malam Penuh Nostalgia dalam Tur Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’ Makassar

LAINNYA

Aug 11 2024, 07.26

Lebih dari 20.000 penggemar setia memadati area konser, menciptakan suasana penuh memori dan membawa penonton kembali ke hari-hari di mana mereka tumbuh bersama lagu-lagu favorit Sheila On 7.


Generic placeholder image

Antusiasme Bubuhan Samarinda Buka Tur Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’

LAINNYA

Jul 27 2024, 23.13

Konser dimulai dengan laku pembuka Pejantan Tangguh yang langsung menghentak para penonton di malam minggu yang syahdu.


Copyright Katadata 2022