Delapan Kebiasaan Ini Bisa Bahayakan Kesehatan Tulang

blog_10

GAYA HIDUP

Aug 09 2023, 10.37

Memiliki sendi dan tulang yang sehat dan kuat adalah harapan semua orang. Pasalnya, kesehatan tulang sangat berpengaruh pada kenyamanan beraktivitas sehari-hari. Memiliki tulang yang sehat akan membuatmu tidak mudah pegal dan lebih produktif. 
 
Namun demikian, sakit sendi dan tulang merupakan masalah yang banyak dialami manusia seiring bertambahnya usia mereka. Itulah sebabnya, Anda harus menjaga kesehatan tulang sejak dini, supaya kepadatan tulang tetap terjaga dengan baik.

Untuk mendapatkan tulang yang sehat, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga pola makan, termasuk membiasakan pola hidup sehat dan sebisa mungkin menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadi penyebab awal mengalami osteoporosis. Osteoporosis adalah kondisi ketika kepadatan tulang berkurang sehingga tulang menjadi keropos dan mudah patah.

Dilansir dari laman WebMD, berikut adalah beberapa hal yang membahayakan kesehatan tulang.
 
1. Terlalu banyak makan garam
Semakin banyak garam yang Anda makan, semakin banyak kalsium yang dikeluarkan tubuh. Anda tidak harus menghindari garam seutuhnya, tetapi targetkan kurang dari 2.300 miligram sodium per hari. Makanan seperti roti, keju, keripik, dan potongan daging dingin mengandung garam paling tinggi.

2. Terlalu lama menonton 
Tidak apa-apa untuk menikmati acara favorit Anda. Tapi terlalu banyak menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar dan bersandar di sofa, bisa membuat Anda tidak cukup bergerak dan tulang bisa kendur.

3. Bermil-mil naik sepeda
Saat Anda mengayuh untuk bekerja atau berkendara selama berjam-jam di akhir pekan, jantung dan paru-paru Anda menjadi lebih kuat. Namun bagaimana dengan tulangmu? Tentu tidak terlalu banyak. Bersepeda tidak meningkatkan kepadatan tulang, karena tidak seperti berjalan, berlari, dan mendaki.

4. Tidak terpapar sinar matahari
Mungkin Anda perlu keluar lebih banyak. Tubuh membuat vitamin D di bawah sinar matahari. Hanya 10-15 menit beberapa kali seminggu bisa melakukannya. Tapi jangan berlebihan. Terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

5. Terlalu banyak minum soda
Terlalu banyak soda seperti rasa cola bisa membahayakan tulang. Beberapa penelitian telah mengaitkan keropos tulang dengan kafein dan fosfor dalam minuman ini. 

Pakar lain telah menyarankan bahwa kerusakan terjadi ketika Anda memilih untuk minum soda daripada susu atau minuman lain yang mengandung kalsium. Terlalu banyak cangkir kopi atau teh juga bisa merampas kalsium tulang Anda. 

6. Semangkuk gandum dengan susu
Gandum memang menyehatkan, namun ketika Anda memakannya dengan susu, tubuh akan menyerap kalsium lebih sedikit.

7. Merokok
Ketika Anda secara teratur menghirup asap rokok, maka tubuh tidak dapat dengan mudah membentuk jaringan tulang baru yang sehat. Semakin lama Anda merokok, semakin buruk hasilnya.

Perokok memiliki peluang lebih besar untuk meluas dan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih. Namun, jika Anda berhenti maka dapat menurunkan risiko ini dan meningkatkan kesehatan tulang, meskipun mungkin perlu beberapa tahun.

8. Resep obat
Beberapa obat, terutama jika Anda harus meminumnya untuk waktu yang lama, dapat berdampak negatif pada tulang Anda. Beberapa obat anti-kejang dan glukokortikoid (obat steroid), seperti prednison dan kortisol, dapat menyebabkan keropos tulang.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Studi Ungkap Wanita Kehilangan Lebih Banyak Tahun Hidup Pasca Serangan Jantung

GAYA HIDUP

Jul 12 2024, 08.52

Wanita mengalami kehilangan harapan hidup lebih besar daripada pria, dan efeknya lebih signifikan pada mereka yang mengalami gangguan fungsi jantung setelah serangan jantung.


Generic placeholder image

Polusi Udara Mempengaruhi Kehidupan Bahkan Sebelum Pembuahan

GAYA HIDUP

Jul 10 2024, 10.52

Temuan ini dibuat setelah tim peneliti menganalisis 3.659 transfer embrio beku dari 1.836 pasien di Perth, Australia, selama delapan tahun.


Generic placeholder image

Menghindari 10 Irisan Bacon Seminggu Bisa Memperpanjang Umur

GAYA HIDUP

Jul 08 2024, 08.39

Hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam Lancet Planetary Health, perubahan pola makan kecil ini berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa.


Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Wanita Lebih Sering Insomnia, Berikut Tips Tidur Sehat Bagi Segala Usia

GAYA HIDUP

Jun 27 2024, 14.18

40% wanita lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria.


Copyright Katadata 2022