Kurangi Konsumsi Alkohol dengan Cara Ini

blog_10

GAYA HIDUP

Nov 20 2023, 11.38

Kencanduan alkohol adalah kondisi yang harus diatasi segara. Pasalnya, perilaku ini bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan bila dibiarkan tanpa penanganan. Mengurangi konsumsi alkohol memang bisa jadi sulit, terutama jika Anda senang jalan-jalan bersama teman. Namun seorang mantan bartender yang berubah menjadi peminum yang sadar diri telah memberikan panduan untuk membuatnya sedikit lebih mudah.

Seperti dilansir dari laman CNBC Make It, seorang pria di Washington, DC, Amerika Serikat, bernama Derek Brown memutuskan bahwa inilah saatnya untuk berhenti mengonsumsi alkohol dan beralih ke kebiasaan minum minuman beralkohol setelah pengalamannya 22 tahun.

Minum dengan penuh kesadaran adalah pilihan individu “untuk minum atau tidak minum alkohol sesuai dengan tujuan, kesehatan, atau lainnya,” kata Brown, yang sekarang menjadi pelatih kesehatan dan pendiri Positive Damage Inc. 

Ini bisa sesederhana memutuskan sebelum Anda tiba di bar untuk hanya minum segelas anggur daripada meminum minuman teman Anda. Atau bisa juga berarti memilih untuk tidak minum alkohol sama sekali.

Meskipun jelas bagi Brown bahwa berhenti mengonsumsi alkohol akan bermanfaat bagi kesehatannya, hal itu bukanlah proses yang mudah, katanya. Untuk menyiapkan dirinya agar sukses, Brown berfokus pada seberapa banyak dia minum.

Maka dari itu, jika Anda mencari cara untuk lebih berhati-hati dalam mengonsumsi alkohol tanpa mengubah seluruh kehidupan sosial Anda, pertimbangkan metode RATE Brown, seperti di bawah ini.

Ganti: Gantikan minuman beralkohol dengan alternatif non-alkohol seperti mocktail atau bir bebas alkohol.

Hindari: Jangan pergi ke tempat di mana Anda tahu Anda akan tergoda atau tertekan untuk minum lebih banyak dari yang Anda inginkan. “Saya tidak menyarankan Anda melakukan hal itu setiap saat, tapi itu hanya salah satu strateginya,” kata Brown.

Menimbang: Minumlah minuman rendah alkohol seperti bir, bukan koktail. Atau pertimbangkan untuk bergantian antara minuman beralkohol dan minuman non-alkohol sepanjang malam.

Dapatkan bantuan: Hubungi seseorang yang dapat menjadi mitra akuntabilitas Anda. Mungkin bermanfaat untuk memilih seseorang yang juga sedang dalam perjalanan minumnya dengan penuh perhatian.

Menggunakan metode RATE ini dapat menjadi cara yang bagus untuk mengurangi konsumsi alkohol secara bertahap, seiring berjalannya waktu tanpa melakukan perubahan drastis yang belum siap Anda lakukan. Menguji setiap bagian dari panduan ini dapat membantu Anda memahami apa arti minum dengan penuh kesadaran bagi Anda.

Tidak minum alkohol bukan berarti Anda harus melewatkan acara atau tidak pergi keluar bersama teman-teman Anda, tegas Brown. Habiskan waktu sebanyak yang Anda inginkan dengan orang-orang terkasih.

“Kesejahteraan sosial sangat penting. Jalan-jalan, menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga,” kata Brown, “semua itu sangat menyenangkan. Bagian itu tidak negatif.”

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Studi Ungkap Wanita Kehilangan Lebih Banyak Tahun Hidup Pasca Serangan Jantung

GAYA HIDUP

Jul 12 2024, 08.52

Wanita mengalami kehilangan harapan hidup lebih besar daripada pria, dan efeknya lebih signifikan pada mereka yang mengalami gangguan fungsi jantung setelah serangan jantung.


Generic placeholder image

Polusi Udara Mempengaruhi Kehidupan Bahkan Sebelum Pembuahan

GAYA HIDUP

Jul 10 2024, 10.52

Temuan ini dibuat setelah tim peneliti menganalisis 3.659 transfer embrio beku dari 1.836 pasien di Perth, Australia, selama delapan tahun.


Generic placeholder image

Menghindari 10 Irisan Bacon Seminggu Bisa Memperpanjang Umur

GAYA HIDUP

Jul 08 2024, 08.39

Hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam Lancet Planetary Health, perubahan pola makan kecil ini berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa.


Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Wanita Lebih Sering Insomnia, Berikut Tips Tidur Sehat Bagi Segala Usia

GAYA HIDUP

Jun 27 2024, 14.18

40% wanita lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria.


Copyright Katadata 2022