Mana yang Lebih Sehat, Keripik Kentang Panggang atau Goreng?

blog_10

GAYA HIDUP

Jan 18 2024, 06.05

Seorang ahli diet di Missouri, Amerika Serikat  Gay McPherson telah meneliti perbedaan antara keripik kentang panggang dan keripik goreng.

Gaby menganalisis kandungan nutrisi dari satu kantong saji khas dari kedua makanan tersebut untuk menentukan apakah alternatif yang lebih rendah lemak sebenarnya lebih sehat. Dia mempublikasikan hasilnya situs web EatingWell.

Keripik kentang panggang telah meledak popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir. Perusahaan-perusahaan makanan menggembar-gemborkan keripik panggang sebagai alternatif sehat dari pilihan gorengan berlemak yang banyak dijual di rak-rak supermarket.

Menurut Allied Market Research, nilai pasar keripik panggang bernilai 6,2 miliar dolar AS pada 2021 dan diproyeksikan melonjak menjadi 10,9 miliar dolar AS pada 2031 karena semakin banyak konsumen yang memperhatikan ukuran lingkar pinggang mereka.

Namun analisis McPherson menunjukkan bahwa keripik kentang goreng mungkin tidak jauh lebih buruk bagi Anda.

“Keripik kentang goreng memang mengandung lebih banyak kalori dan lemak, namun perbedaan antara keripik tersebut dan keripik panggang tidak terlalu signifikan,” ujar Gaby dilansir laman New York Post.

Satu kantong keripik goreng mengandung 149 kalori, 10 gram lemak total dan 1 gram lemak jenuh. Sebagai perbandingan, keripik panggang memiliki 131 kalori, 5 gram lemak dan 0,7 gram lemak jenuh.

"Keripik panggang memiliki lebih sedikit lemak secara keseluruhan dibandingkan keripik biasa, sehingga hanya sedikit lebih rendah kalori, yang akan berdampak minimal pada asupan kalori Anda secara keseluruhan untuk hari itu," kata Gaby.

Selain itu, keripik kentang goreng mengandung vitamin dan mineral yang tidak ada pada keripik panggang.

"Ternyata keripik biasa menyediakan lebih banyak kalium (12% vs 7% dari Nilai Harian Anda dalam satu porsi) dan vitamin C (24% vs 0%) daripada keripik panggang, dua nutrisi yang bermanfaat," ungkap Gaby.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Es Krim, Biskuit dan Keripik Tak Baik untuk Kesehatan, Ini Kata Ahli Nutrisi

GAYA HIDUP

Mar 01 2024, 05.49

Makanan ultra-proses mungkin berbahaya bagi sebagian besar sistem tubuh.


Generic placeholder image

Waspada, Ini Lima Makanan yang Mengandung Gluten Tinggi

GAYA HIDUP

Dec 26 2023, 07.13

Penambahan gluten bertujuan untuk membuat tekstur makanan tersebut jadi lebih kenyal.


Copyright Katadata 2022