Doom Spending, Tren Belanja yang Berbahaya bagi Perempuan

blog_10

GAYA HIDUP

Feb 23 2024, 05.45

Tahun lalu, tren belanja yang muncul adalah girl math, maka di tahun ini, kemungkinan besar doom spending akan semakin marak dilakukan. Jika kedua tren ini dibandingkan, doom spending akan sangat berbahaya bagi kehidupan finansial, terutama perempuan.

Menurut perusahaan pelacak kredit, Credit Karma, doom spending adalah membelanjakan uang untuk mengatasi stres di tengah kekhawatiran atas kondisi ekonomi yang tidak pasti dan kondisi hubungan internasional yang tidak stabil. 

Doom spending berbeda dengan girl math. Tren girl math, atau matematika perempuan, biasanya digunakan untuk menjadi dalih pembelian tertentu yang sebenarnya bisa jadi masuk akal.

Dilansir dari laman Channel News Asia, menurut survei Credit Karma, sekitar 27 persen warga Amerika Serikat mengaku telah melakukan doom spending. Tren ini lebih banyak dilakukan oleh laki-laki, yakni sebanyak lebih 33 persen responden, dibandingkan dengan perempuan, yakni hanya sebesar 21 persen responden. 

Doom spending memiliki pesan bahwa uang yang kita miliki tidak akan cukup  untuk mendapatkan kebutuhan utama. Sehingga, tidak ada bedanya jika uang itu dibelanjakan hari ini untuk kesenangan sesaat.

Namun, para perempuan muda harus bisa menolak sinisme semacam itu. Menurut laporan dari Financial Health Network pada 2022, sebanyak 44 persen perempuan berusia 18 hingga 29 tahun, mengaku mereka menunda pencapaian penting dalam hidup mereka, seperti menikah, memiliki rumah, dan memiliki anak. Perempuan juga kurang dapat mengelola utang. Jumlah ini lebih tinggi dibanding dengan 34 persen responden pria yang melakukan hal ini. 

Terlilit utang untuk membeli barang mewah tentu bukanlah keputusan yang cerdas, apalagi memberdayakan. Self-care, atau perawatan diri, seharusnya didapat dari upaya kita berbelanja di dalam batas kemampuan.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Lima Tips Mengeluarkan Uang dengan Bijak Menjelang Libur Natal

EKONOMI & BISNIS

Dec 03 2023, 20.43

Dalam banyak kasus, hadiah yang sentimental bisa berarti sama atau lebih dari benda yang mahal.


Copyright Katadata 2022