Lima Tips Mengeluarkan Uang dengan Bijak Menjelang Libur Natal

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Dec 03 2023, 20.43

Libur Natal sudah di depan mata. Sejumlah mal mulai mempercantik diri dengan hiasan Natal guna menyambut para pengunjung yang akan berberlanja. Tidak jarang, uang yang dihabiskan pengunjung mal untuk belanja Natal terlalu berlebihan. Akibatnya, besar pasak daripada tiang alias lebih banyak pengeluaran dibandingkan pemasukan.

Konsultan keuangan di Brio Financial Group Brandon Miller membagikan lima tips untuk membantu menjaga pengeluaran liburan Anda tetap terkendali di musim libur Natal dan Tahun Baru.

1.     Mulailah dengan sebuah daftar

Santa pun tahu bahwa membuat daftar adalah hal yang bijaksana untuk persiapan musim pemberian hadiah. Buatlah daftar dengan semua orang yang Anda rencanakan untuk dibelikan hadiah. Pastikan Anda memasukkan keluarga, teman, tetangga, kolega, dan siapa pun dalam hidup Anda yang ingin Anda kenang dengan sebuah hadiah. 

Selanjutnya, tetapkan anggaran untuk memandu pembelian Anda. Jika hitungan matematisnya tidak sesuai, pangkas daftar Anda atau kurangi jumlah yang dapat Anda belanjakan untuk setiap orang.

2.     Membandingkan harga

Uang liburan Anda akan lebih hemat jika membandingkan harga satu toko dengan toko lain. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu sebelum mengeluarkan dompet. Mesin pembanding harga online dapat membantu Anda mengidentifikasi di mana menemukan penawaran terbaik. Berbelanja online juga dapat menghemat waktu, tetapi perhatikan biaya pengiriman. Anda juga harus memperhatikan penjualan liburan yang akan datang dan merencanakan perjalanan belanja Anda. 

3.     Hindari belanja berlebihan dengan kartu kredit

Secara alami, kartu kredit menawarkan kenyamanan untuk membeli sekarang dan membayarnya nanti. Skenario bayar nanti hanya akan menguntungkan jika Anda dapat mengosongkan saldo sebelum siklus penagihan berikutnya. Jika Anda tidak membayar tagihan selama berbulan-bulan, bunga akan terus bertambah dan tiba-tiba hadiah tersebut menjadi jumlah yang sangat besar. 

Jika Anda perlu mengandalkan kredit untuk menyebarkan biaya pembelian liburan selama beberapa bulan, perhitungkan perkiraan biaya bunga saat Anda membuat anggaran. Atau lebih baik lagi, hindari jebakan kredit sama sekali dengan membelanjakan uang sesuai kemampuan Anda.

4.     Jaga agar tabungan Anda tetap pada jalurnya

Menabung harus menjadi bagian rutin dari anggaran bulanan Anda. Jika Anda pernah bekerja sama dengan penasihat keuangan sebelumnya, patuhi rencana menabung Anda dan jangan sampai masa depan keuangan Anda terganggu. 

Jika Anda belum pernah bekerja sama dengan penasihat keuangan, dan belum memiliki rencana untuk mengembangkan tabungan, berikan diri Anda hadiah berupa nasihat keuangan tahun ini. Seorang penasihat keuangan yang berkualitas dapat mengidentifikasi strategi untuk membantu mencapai tujuan keuangan.

5.     Berikan hadiah sentimental yang tidak mahal

Saat Anda berada di toko, mudah sekali untuk teralihkan dan mulai mengabaikan anggaran. Jangan percaya pada anggapan bahwa label harga sebuah hadiah menunjukkan nilai utamanya. Hadiah terbaik belum tentu yang paling mahal. Dalam banyak kasus, hadiah yang sentimental bisa berarti sama atau lebih dari benda yang mahal.


 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Enam Tips Pintar Mengatur Keuangan untuk Capai Kesuksesan Finansial

EKONOMI & BISNIS

Jun 10 2024, 12.50

Cobalah untuk menabung setidaknya 20% dari penghasilan atau gaji.


Generic placeholder image

Doom Spending, Tren Belanja yang Berbahaya bagi Perempuan

GAYA HIDUP

Feb 23 2024, 05.45

Self-care, atau perawatan diri, seharusnya didapat dari upaya kita berbelanja di dalam batas kemampuan.


Generic placeholder image

Tujuh Cara Mengelola Stres Akibat Finansial

EKONOMI & BISNIS

Feb 20 2024, 15.32

Ketika memahami sumber utama tekanan finansial, Anda akan mampu mengatasi masalah tersebut dengan lebih baik.


Generic placeholder image

Survei: Gen Z dan Milenial Ingin Matang Finansial di 2024

EKONOMI & BISNIS

Jan 04 2024, 09.20

Tujuan keuangan sebagai tujuan pribadi utama mereka untuk tahun 2024, diikuti oleh tujuan kesehatan dan tujuan kesehatan mental.


Generic placeholder image

40 Tahun Setelah Dirilis, Last Christmas Jadi Lagu No 1 di Inggris

LAINNYA

Dec 23 2023, 10.16

Last Christmas dirilis pertama kali pada Desember 1984 dan menembus peringkat kedua selama lima minggu.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022