Survei: Gen Z dan Milenial Ingin Matang Finansial di 2024

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jan 04 2024, 09.20

Generasi milenial dan Gen Z menempatkan tujuan matang finansial di bagian atas daftar resolusi 2024. Hal tersebut diungkap oleh sebuah survei American Express baru-baru ini.

Jajak pendapat yang mensurvei lebih dari 1.800 orang yang lahir antara 1981 dan 2012, menemukan bahwa 57% responden menyebut tujuan keuangan sebagai tujuan pribadi utama mereka untuk tahun 2024, diikuti oleh tujuan kesehatan (50%) dan tujuan kesehatan mental (48%).

"Kesehatan finansial adalah bagian besar dari kesehatan mental Anda secara keseluruhan," kata Sue Gardiner, perencana keuangan bersertifikat dan pemilik South County Wealth Planning, mengatakan kepada CNBC Make It.

Namun demikian, Gardiner mengatakan berada dalam posisi keuangan yang kuat tidak berarti Anda memiliki segalanya untuk mendukung gaya hidup Anda saat ini. Menurut dia, yang terpenting adalah memahami bagaimana membelanjakan uang dan memahami arus kas pribadi Anda.

Berikut adalah tiga tujuan keuangan teratas untuk dua generasi dan bagaimana memulai untuk mencapainya.

1. Memperbesar tabungan
Tujuan keuangan paling populer untuk milenial dan Gen Z pada tahun 2024 adalah untuk menumbuhkan tabungan mereka. Hampir 60% responden menempatkan ini di bagian atas daftar resolusi mereka.

Untuk memulai tujuan ini, Gardiner merekomendasikan untuk mengotomatiskan tabungan Anda dengan memiliki sejumlah uang tertentu yang secara otomatis ditransfer ke rekening tabungan Anda secara berkala.

2. Melunasi hutang
Lebih dari 40% responden milenial dan Gen Z menyebut penyelesaian hutang mereka sebagai tujuan keuangan utama untuk tahun depan. Itu tidak mengherankan, mengingat bahwa melunasi hutang berbunga tinggi telah tumbuh semakin sulit sejak Federal Reserve mulai menaikkan suku bunga pada tahun 2022.

Ada berbagai strategi untuk melunasi hutang, tergantung pada keadaan Anda. Salah satu pilihan adalah menggulung hutang Anda ke kartu kredit transfer saldo.

Menurut Gardiner, kartu-kartu ini menawarkan periode pengantar, biasanya hingga 21 bulan, dengan tingkat bunga 0%, yang memungkinkan pengguna untuk memotong hutang mereka tanpa menimbulkan bunga tambahan.

Setelah itu, Gardiner merekomendasikan untuk membuat jadwal pembayaran yang dapat dikelola.

3. Mencatat anggaran
Penganggaran dipuji sebagai landasan dari rencana keuangan apa pun, dan responden milenial dan Gen Z tampaknya setuju, sebab 41% mengatakan mengikuti anggaran akan menjadi tujuan uang yang penting bagi mereka pada tahun 2024.

Apakah Anda beralih ke aplikasi penganggaran, spreadsheet atau bahkan pena dan kertas, berpegang teguh pada anggaran semua tergantung pada apakah rencana Anda dapat dikelola atau tidak.

“Anggaran harus dapat dimengerti untuk Anda dan tidak terlalu rumit sehingga Anda tidak akan menghabiskan waktu untuk memeriksanya. Saya menyarankan, ketika Anda pertama kali menyusun anggaran, untuk memeriksanya setiap minggu,” ujar Gardiner.

Gardiner mengatakan, memeriksa anggaran secara teratur akan memungkinkan Anda untuk merasa nyaman dengan kebiasaan belanja dan tahu kapan Anda menghabiskan terlalu banyak untuk pengeluaran seperti bahan makanan.

"Anda akan mulai melatih diri untuk membuat keputusan dan membentuk kebiasaan yang akan memungkinkan Anda untuk tidak perlu memeriksa anggaran itu sesering mungkin, dan Anda dapat turun ke dua mingguan atau dua bulanan saat Anda mendapatkan semua bagian itu di tempatnya," tuturnya.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Wanita Lebih Sering Insomnia, Berikut Tips Tidur Sehat Bagi Segala Usia

GAYA HIDUP

Jun 27 2024, 14.18

40% wanita lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria.


Generic placeholder image

Survei: Nilai Transaksi QRIS Mencapai 3 Juta Rupiah dalam Satu Kali Pembayaran

EKONOMI & BISNIS

Jun 26 2024, 10.55

Survei dilakukan secara online terhadap total 1,092 responden.


Generic placeholder image

Survei: 73% Pekerja Pernah Alami Perlakuan Tidak Menyenangkan

LAINNYA

Jun 25 2024, 13.15

Survei dilakukan terhadap 1.412 pekerja secara online dengan responden tersebar diseluruh wilayah Indonesia.


Generic placeholder image

Pengangkatan Ovarium Dini Dapat Mempengaruhi Kesehatan Otak Wanita

GAYA HIDUP

Jun 25 2024, 09.39

Penelitian ini melibatkan 22 peserta yang menjalani ooforektomi bilateral pramenopause (PBO) – pengangkatan kedua ovarium – sebelum usia 40 tahun.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022