Enam Tips Pintar Mengatur Keuangan untuk Capai Kesuksesan Finansial

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jun 10 2024, 12.50

Mengelola uang bisa jadi sulit, terutama jika penghasilan seseorang itu tidak banyak. Namun dengan tips-tips yang tepat, siapa pun bisa mengendalikan keuangan mereka. Dilansir dari Morocco World News, berikut ini enam tips pintar  mengatur keuangan secara efektif, berapa pun penghasilan seseorang itu, agar mampu mencapai kesuksesan finansial.

1. Memeriksa Pengeluaran

Pertama, ketahui ke mana saja dan untuk apa saja uang yang dikeluarkan. Catat semua uang yang dibelanjakan selama sebulan. Gunakan buku catatan, spreadsheet, atau aplikasi seperti Notes. Peralatan ini akan sangat membantu seseorang untuk memeriksa keuangannya sehari-hari, sehingga orang tersebut memiliki gambaran yang jelas tentang kebiasaan pengeluarannya, dan dapat mengidentifikasi biaya yang tidak perlu.

2. Membuat Anggaran Sederhana

Berdasarkan pengeluaran sehari-hari, buatlah anggaran yang sesuai dengan pendapatan. Bagilah menjadi beberapa kategori seperti sewa rumah, makanan, dan kesenangan. Pastikan untuk menabung setiap bulannya, dan patuhi anggaran yang telah dibuat sendiri untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan.

3. Jadikan Menabung Sebagai Prioritas

Cobalah untuk menabung setidaknya 20% dari penghasilan atau gaji. Jika hal ini terasa terlalu sulit, mulailah dengan jumlah yang kecil, dan tingkatkan seiring berjalannya waktu. Menabung secara konsisten, sekecil apa pun, dapat membangun fondasi keuangan yang kuat selama bertahun-tahun, dan jika secara bertahap jumlah tabungan itu meningkat, maka akan mengembangkan kebiasaan menabung secara berkelanjutan.

Jika uang tersebut ditabung di bank, terdapat aplikasi bank yang menawarkan fitur seperti batas pengeluaran, dan peringatan untuk membantu nasabah menghindari pengeluaran berlebihan. Untuk menemukan fitur guna mengatur batas pengeluaran dan mencegah pengeluaran berlebih, ada baiknya untuk periksa menu pengaturan atau opsi di aplikasi bank dalam ponsel. Cari istilah seperti kontrol atau batas pengeluaran, dan ingat, setiap hal kecil sangat berarti.

4. Pangkas Biaya yang Tidak Perlu

Temukan dan potong biaya yang tidak penting. Ini bisa berarti mengurangi makan di luar, membatalkan langganan yang tidak digunakan, atau mencari opsi yang lebih murah untuk apa yang dibutuhkan. Grace Alofe, seorang pakar keuangan, menyarankan untuk mencari acara dan kegiatan gratis guna menghemat uang sambil tetap bersenang-senang.

5. Membangun Dana Darurat

Simpanlah biaya hidup selama tiga hingga enam bulan untuk keadaan darurat. Mulailah dengan menabung dalam jumlah kecil setiap bulannya hingga mencapai target. Bahkan menabung sedikit uang setiap minggu dapat membuat peningkatan besar. Grace Alofe mengatakan, sangat penting untuk memulai dari yang kecil dan konsisten.

6. Merencanakan Tujuan Besar

Pertimbangkan mimpi-mimpi besar, seperti memulai bisnis atau bepergian. Sisihkan uang setiap bulan untuk mencapai tujuan-tujuan ini. Dengan menyisihkan dana secara teratur, seseorang dapat bekerja untuk mewujudkan impiannya. Merencanakan dan menabung yang dimulai dari sekarang akan memastikan masa depan yang lebih cerah.

Singkatnya, dengan memeriksa pengeluaran, membuat anggaran sederhana, memprioritaskan penghematan, memangkas biaya yang tidak perlu, membangun dana darurat, merencanakan tujuan-tujuan besar, dan hidup sesuai dengan kemampuan, dapat mencapai kesuksesan finansial. Selain itu, meninjau strategi keuangan secara teratur akan membuat seseorang tetap berada di jalur yang benar, dan membantunya beradaptasi dengan situasi yang tidak terduga.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Delapan Manfaat Mengagumkan Jadi Seorang Wanita Lajang

GAYA HIDUP

May 31 2024, 13.31

Menjalani hidup melajang bukan hanya tentang menunggu waktu sampai Mr. Right datang, tetapi juga tentang menikmati fase kehidupan yang menawarkan keuntungan.


Generic placeholder image

Mudah Diakses dan Fleksibel, Pengguna Paylater Terus Meningkat

EKONOMI & BISNIS

Mar 21 2024, 20.19

Paylater telah menjadi alat pembayaran pilihan bagi masyarakat untuk berbelanja berbagai kebutuhan, tidak hanya terbatas pada kebutuhan mendesak.


Generic placeholder image

Khawatir di PHK? Ini Langkah Penting dalam Mengelola Keuangan

EKONOMI & BISNIS

Mar 06 2024, 10.03

Hal terpenting yang dapat dilakukan adalah memahami apa yang akan Anda lakukan sebelumnya.


Generic placeholder image

Tujuh Cara Mengelola Stres Akibat Finansial

EKONOMI & BISNIS

Feb 20 2024, 15.32

Ketika memahami sumber utama tekanan finansial, Anda akan mampu mengatasi masalah tersebut dengan lebih baik.


Generic placeholder image

Survei: 40 Persen Hubungan Berakhir karena Pilihan Keuangan yang Buruk

GAYA HIDUP

Feb 01 2024, 05.52

Survei dilakukan terhadap 2.000 orang Amerika untuk melihat pentingnya pengambilan keputusan.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022