Survei: 40 Persen Hubungan Berakhir karena Pilihan Keuangan yang Buruk

blog_10

GAYA HIDUP

Feb 01 2024, 05.52

Kesalahan dalam mengelola keuangan bisa jadi akan merusak hubungan Anda. Sebuah survei menemukan bahwa 40%  responden telah mengakhiri hubungan karena pilihan keuangan yang buruk. Survei dilakukan terhadap 2.000 orang Amerika untuk melihat pentingnya pengambilan keputusan.

Secara keseluruhan, hampir tiga perempat responden merasa yakin dengan kemampuan mereka dalam mengambil keputusan, menggambarkan diri mereka sebagai orang yang tegas (74%). Hanya satu dari enam orang yang mengaku ragu-ragu.

Mereka yang yakin dengan pilihan mereka mengatakan bahwa mereka memiliki kemampuan penilaian yang baik (68%), kepercayaan diri (63%) dan intuisi yang kuat (62%). 

Mereka juga bangga dengan kemampuan mereka untuk berpikir cepat (58%) dan mengukur perilaku orang lain seperti nada bicara atau bahasa tubuh (54%).

Di sisi lain, mereka yang ragu-ragu takut membuat keputusan yang salah (55%) dan berusaha memahami informasi sebanyak mungkin (56%). 

Bagi hampir setengah dari responden ini, hal yang berlawanan justru menarik, karena mereka mencari seseorang yang lebih tegas saat mempertimbangkan sebuah hubungan (46%). 

Meskipun sebagian besar orang Amerika percaya bahwa mereka adalah orang yang tegas, banyak dari mereka yang mencari saran dari seseorang di tempat kerja (35%) atau berita (29%) atau pasangan mereka (18%) ketika mempertimbangkan keputusan yang berhubungan dengan uang.

Dilakukan oleh OnePoll dalam kemitraan dengan SurePayroll By Paychex, survei ini juga menemukan bahwa beberapa keputusan harian yang sering diperdebatkan orang adalah apa yang harus dimakan untuk waktu makan yang berbeda (44%), apa yang harus ditonton di TV (40%), dan keputusan yang berkaitan dengan hobi seperti buku apa yang harus dibaca atau apa yang harus dibuat (39%).

Dikutip dari laman The New York Post, responden paling terbuka untuk bernegosiasi dalam hal perdebatan rumah tangga mengenai pilihan makanan (47%) atau pekerjaan rumah (37%), tetapi kurang terbuka dalam hal keputusan yang berkaitan dengan pekerjaan seperti berpindah tempat kerja dengan rekan kerja (4%) atau menyesuaikan gaji (2%).

Ketika menyangkut keputusan besar, peserta survei lebih percaya pada penelitian (55%) dan membuat daftar pro dan kontra (55%) untuk membantu mereka.

Sebagian besar responden menyatakan bahwa mereka ingin memastikan 100% sebelum melakukan pembelian yang signifikan, seperti rumah (60%). Hal ini membutuhkan lebih banyak kepastian daripada keputusan untuk menikah atau bercerai (57%), memulai sebuah keluarga (44%), berganti pekerjaan (48%) atau pindah rumah (40%).

Yang mengejutkan, 40% mengatakan bahwa mereka akan menyerahkan keputusan besar kepada pilihan acak. Rata-rata, orang Amerika akan melakukan riset selama enam jam sebelum mengambil keputusan besar. Satu dari sembilan orang mengatakan bahwa mereka perlu memikirkannya setidaknya selama 10 jam sebelum memutuskan.

Beberapa dari keputusan besar yang telah mereka buat berkaitan dengan waktu atau uang, seperti pindah ke tempat baru (41%) atau menginvestasikan uang dalam jumlah besar (15%).

 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Enam Tips Pintar Mengatur Keuangan untuk Capai Kesuksesan Finansial

EKONOMI & BISNIS

Jun 10 2024, 12.50

Cobalah untuk menabung setidaknya 20% dari penghasilan atau gaji.


Generic placeholder image

Delapan Manfaat Mengagumkan Jadi Seorang Wanita Lajang

GAYA HIDUP

May 31 2024, 13.31

Menjalani hidup melajang bukan hanya tentang menunggu waktu sampai Mr. Right datang, tetapi juga tentang menikmati fase kehidupan yang menawarkan keuntungan.


Generic placeholder image

Mudah Diakses dan Fleksibel, Pengguna Paylater Terus Meningkat

EKONOMI & BISNIS

Mar 21 2024, 20.19

Paylater telah menjadi alat pembayaran pilihan bagi masyarakat untuk berbelanja berbagai kebutuhan, tidak hanya terbatas pada kebutuhan mendesak.


Generic placeholder image

Khawatir di PHK? Ini Langkah Penting dalam Mengelola Keuangan

EKONOMI & BISNIS

Mar 06 2024, 10.03

Hal terpenting yang dapat dilakukan adalah memahami apa yang akan Anda lakukan sebelumnya.


Generic placeholder image

Survei: Gen Z dan Milenial Ingin Matang Finansial di 2024

EKONOMI & BISNIS

Jan 04 2024, 09.20

Tujuan keuangan sebagai tujuan pribadi utama mereka untuk tahun 2024, diikuti oleh tujuan kesehatan dan tujuan kesehatan mental.


Copyright Katadata 2022