Jalan Panjang Robert Downey Jr Meraih Piala Oscar

blog_10

LAINNYA

Mar 11 2024, 10.33

Robert Downey Jr. memenangkan Piala Oscar sebagai Aktor Pendukung untuk penampilan briliannya di film Oppenheimer. Kemenangan yang sudah diprediksi jauh-jauh hari. Karena, dia sudah meraih sejumlah penghargaan sebelum malam penghargaan Oscar untuk perannya tersebut.

"Saya ingin berterima kasih kepada masa kecil saya yang buruk dan Academy, secara berurutan," ujar Downey Jr dalam pidato kemenangannya dikutip dari laman Vanity Fair.

Ia sudah lebih dari 40 tahun malang melintang di dunia perfilman. Namun, ini adalah Piala Oscar pertama bagi Downey Jr. 

Salah satu alasan mengapa Downey Jr. diabaikan oleh Academy begitu lama mungkin karena reputasinya sebelumnya sebagai anak nakal Hollywood.

Robert Downey Jr  memiliki masalah dengan penyalahgunaan obat-obatan terlarang sejak dini. Reputasi publiknya mulai tidak baik pada akhir tahun 80-an dan 90-an yang memenuhi pemberitaan di  tabloid.

Ini menjadi salah satu faktor RDJ gagal meraih Piala Oscar pada 1992 meski tampil memukau di film Chaplin. Meskipun banyak penggemar percaya bahwa sang aktor telah diremehkan karena "Chaplin," namun Downey Jr. menganggap kekalahannya sebagai hal yang positif.

“Menang di usia 28 tahun akan membuat saya merasa berada di jalur yang paling benar,” kata Downey Jr ketika itu dalam sebuah wawancara di TV.

Dia sepertinya benar. Meraih Oscar di usia muda bisa membuat sang aktor terlalu sering tampil di film atau justri jarang dipakai seperti yang terjadi pada beberapa aktor yang menang Piala Oscar di usia muda.

RDJ mulai mengubah gaya hidupnya. Dia mengikuti rehabilitasi dan menghentikan kecanduannya terhadap obat-obatan terlarang. Bintangnya mulai bangkit kembali saat tampil di "Kiss Kiss Bang Bang" karya Shane Black dan "Zodiac" karya David Fincher. 

Kedua film tersebut secara khusus membawanya ke peran sebagai Tony Stark dalam "Iron Man" pada 2008. Ini menjadi film yang secara eksplisit menjadi penebusan sang aktor dalam karirnya.

Iron Man bukan hanya menambah banyak pundi-pundi uang Robert Downey Jr. Tapi juga membuat namanya masuk daftar bintang film papan atas di Hollywood. 

“Saya tidak pernah menyangka Christopher Nolan mengajak saya untuk bermain di Oppenheimer. Dia adalah salah satu sutradara favorit saya dan tidak akan mungkin saya menolak tawaran itu,” kata Downey Jr beberapa waktu lalu.

Robert Downey Jr membayar kepercayaan Nolan dengan akting yang luar biasa di Oppenheimer. Film itu buka saja meraih 960 juta dolar AS di seluruh dunia, tetapi juga memboyong tujuh Piala Oscar. Salah satunya adalah untuk kategori aktor pendukung terbaik yang menjadi milik Robert Downey Jr.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Cillian Murphy, Aktor Terbaik Irlandia Tahun Ini

LAINNYA

Apr 21 2024, 14.40

Penghargaan ini sekaligus melengkapi penghargaan sebelumnya seperti BAFTA, Golden Globe, SAG dan puncaknya adalah Piala Oscar.


Generic placeholder image

Oppenheimer Bawa Pulang Tujuh Piala Oscar

LAINNYA

Mar 11 2024, 09.52

Christoper Nolan, Cilian Murphy dan Robert Downey Jr meraih Piala Oscar.


Generic placeholder image

Piala Oscar 2024: Barbenheimer Raih 21 Nominasi, Tidak Ada Nama Leonardo di Caprio

LAINNYA

Jan 24 2024, 06.49

Oppenheimer menjadi film dengan jumlah nominasi terbanyak.


Generic placeholder image

Oppenheimer Raih 5 Penghargaan Golden Globe, Cillian Murphy Aktor Terbaik

LAINNYA

Jan 08 2024, 16.07

Oppenheimer menjadi film yang meraih penghargaan terbanyak di Golden Globe Awards, membawa pulang lima penghargaan.


Generic placeholder image

Geser Disney, Universal Kuasai Pangsa Pasar Film Global di 2023

EKONOMI & BISNIS

Jan 03 2024, 07.55

Tiga dari lima film terlaris di dunia pada tahun ini adalah produksi Universal.


Copyright Katadata 2022