Singapura Kembali Jadi Negara Paling Bahagia di Asia

blog_10

LAINNYA

Mar 21 2024, 17.07

Singapura menjadi negara paling bahagia di Asia selama dua tahun berturut-turut. Menurut Laporan Kebahagiaan Dunia 2024, Singapura menduduki peringkat 30 dari 143 tempat yang disurvei untuk penelitian ini.

Negara yang menduduki peringkat teratas tahun ini adalah Finlandia, diikuti oleh Denmark dan Islandia. Para ahli juga menganalisis data dalam enam faktor utama: PDB per kapita, harapan hidup sehat, dukungan sosial, kebebasan, kedermawanan, dan persepsi terhadap korupsi. Penelitian mereka di bidang-bidang ini memberikan wawasan yang lebih dalam dan penjelasan potensial untuk peringkat kualitas hidup subjektif yang diberikan orang.

"Faktor-faktor ini membantu menjelaskan perbedaan di seluruh negara, sementara peringkat itu sendiri hanya didasarkan pada jawaban yang diberikan orang ketika diminta untuk menilai kehidupan mereka sendiri," menurut sebuah pernyataan dari World Happiness Report dilansir dari laman CNBC.

Data yang dikumpulkan untuk keenam faktor tersebut berasal dari organisasi seperti Bank Dunia, Organisasi Kesehatan Dunia, dan Gallup World Poll.

"Singapura melakukannya dengan sangat baik dalam hal PDB per kapita, salah satu peringkat tertinggi dalam kumpulan data kami," kata Shun Wang, salah satu penulis dan editor Laporan Kebahagiaan Dunia 2024 kepada CNBC Make It.

Itu berarti pemerintah Singapura sangat bersih dan masyarakatnya benar-benar memiliki persepsi yang sangat rendah terhadap korupsi bahkan lebih rendah dari Denmark atau Norwegia," tambah Wang.

World Happiness Report merupakan upaya bersama dari beberapa peneliti dan ilmuwan kesejahteraan terkemuka di dunia. Peringkat kebahagiaan dalam penelitian ini didukung oleh data dari Gallup World Poll yang mengukur evaluasi kehidupan rata-rata individu, yang diambil selama tiga tahun dari 2021 hingga 2023.

10 peringkat kebahagiaan teratas di Asia:

1.      Singapura
2.      Taiwan
3.      Jepang
4.      Korea Selatan
5.      Filipina
6.      Vietnam
7.      Thailand
8.      Malaysia
9.      Cina
10.  Mongolia

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Tujuh Tahun Beruntun, Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia

LAINNYA

Mar 20 2024, 16.40

Untuk kali pertama, Amerika Serikat dan Jerman keluar dari peringkat 20 besar.


Copyright Katadata 2022