Tujuh Tahun Beruntun, Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia

blog_10

LAINNYA

Mar 20 2024, 16.40

Laporan tahunan World Happiness Report menetapkan Finlandia  menjadi negara paling bahagia di dunia selama tujuh tahun berturut-turut. Swedia, Denmark dan Islandia juga berhasil bertahan di posisi 10 besar.

Laporan ini mengacu pada data survei global dari orang-orang di lebih dari 140 negara. Negara-negara diberi peringkat kebahagiaan berdasarkan evaluasi kehidupan rata-rata mereka selama tiga tahun sebelumnya, dalam hal ini 2021 hingga 2023. 

Laporan ini merupakan hasil kerja sama antara Gallup, Oxford Wellbeing Research Centre, Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB, dan dewan editorial. 

Dikutip dari laman DW, laporan ini mengamati enam variabel utama untuk membantu menjelaskan evaluasi kehidupan: PDB per kapita, dukungan sosial, harapan hidup sehat, kebebasan, kedermawanan, dan persepsi terhadap korupsi.

Sementara itu, meningkatnya ketidakbahagiaan terutama di kalangan anak muda telah membuat negara-negara Barat lainnya turun dalam indeks yang disponsori oleh PBB ini. Amerika Serikat dan Jerman keluar dari peringkat 20 besar untuk pertama kalinya sejak edisi pertama laporan ini lebih dari satu dekade yang lalu.

Menggantikan posisi mereka adalah Kosta Rika dan Kuwait di posisi 12 dan 13, sementara negara-negara Eropa Timur seperti Serbia, Bulgaria, dan Latvia melaporkan peningkatan terbesar dalam hal kebahagiaan.

Afghanistan, yang dilanda bencana kemanusiaan sejak Taliban kembali berkuasa pada tahun 2020, tetap berada di posisi terakhir. Survei ini meminta orang-orang di 143 negara dan wilayah untuk mengevaluasi kehidupan mereka dalam skala dari nol hingga 10, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti PDB per kapita, dukungan sosial, harapan hidup yang sehat, kebebasan, kedermawanan, dan korupsi.

Perilisan laporan ini bertepatan dengan Hari Kebahagiaan Internasional pada tanggal 20 Maret.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia, Ini Prinsip Hidup Masyarakat Finlandia

LAINNYA

Mar 22 2024, 08.17

Sebagian besar kepuasan mereka juga berasal dari cara lembaga-lembaga di negara Finlandia yang sangat memperhatikan warganya.


Generic placeholder image

Singapura Kembali Jadi Negara Paling Bahagia di Asia

LAINNYA

Mar 21 2024, 17.07

Pemerintah Singapura sangat bersih dan masyarakatnya benar-benar memiliki persepsi yang sangat rendah terhadap korupsi.


Copyright Katadata 2022