Mulai Juli, Botol dan Tutup Botol Plastik Harus Melekat

blog_10

LAINNYA

May 27 2024, 05.22

Anda pasti pernah meminum soft drink dari botol plastik dan membuang botol dan tutupnya secara terpisah. Mulai Juli, kebiasaan itu  mungkin tidak akan bisa dilakukan lagi.

Uni Eropa sudah membuat aturan yang mewajibkan produsen membuat disain botol plastik dengan tutup botol yang melekat. Desain baru ini cukup sederhana. Alih-alih tutup yang biasa kita gunakan yang dapat dibuka sepenuhnya, ada potongan plastik tambahan yang menghubungkan tutup ke botol.

Coca-Cola menjadi salah satu yang pertama kali menerima perubahan ini da mereka telah meluncurkan desain ini di seluruh Eropa dalam setahun terakhir.

“Perubahan kecil ini memiliki potensi untuk memberikan dampak yang besar, memastikan bahwa konsumen mendaur ulang botol-botol kami, dan tidak ada tutup botol yang tertinggal,” ujar manajer Coca-Cola Irlandia, Agnese Filippi dilansir dari laman Euronews.

Ketika aturan yang mengharuskan perubahan pertama kali diumumkan oleh Uni Eropa pada 2018, para produsen minuman membalas dengan mengklaim bahwa hal itu akan menyebabkan peningkatan penggunaan plastik dan membebani produsen.

Ketika telah diluncurkan di seluruh benua, beberapa konsumen juga kesal dengan desain baru tersebut.

Mereka menggunakan media sosial untuk mengeluh tentang tutupnya yang mengenai wajah mereka saat mereka minum dan membuat minuman lebih sulit untuk dituang.

Semua negara Uni Eropa diwajibkan untuk menghapus tutup botol plastik yang longgar pada Juli untuk botol minuman plastik hingga ukuran tiga liter. Ini adalah bagian dari arahan Uni Eropa yang diumumkan pada 2018 yang bertujuan untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai.

Tutup botol yang longgar telah dilarang sebagai bagian dari rencana yang lebih besar untuk mengatasi sampah plastik di Eropa. Saat ini, sejumlah besar sampah plastik tidak didaur ulang dan berakhir di lautan. Para peneliti memperkirakan bahwa produksi dan pembakaran plastik memompa lebih dari 850 juta ton gas rumah kaca ke atmosfer pada 2019.

Harapannya adalah dengan adanya tutup yang terpasang, orang akan lebih kecil kemungkinannya untuk membuangnya. Ini karena untuk melakukan hal itu, Anda harus membuang seluruh botolnya.

Negara-negara anggota Uni Eropa bebas untuk menetapkan persyaratan desain mereka sendiri selama tutup dan tutupnya tetap melekat pada wadah selama tahap penggunaan produk.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Coca-Cola Spiced, Varian Terbaru yang Mengandung Unsur Rempah-rempah

EKONOMI & BISNIS

Feb 10 2024, 10.51

Minuman ini hanya membutuhkan waktu tujuh minggu untuk dikembangkan.


Copyright Katadata 2022