Kisah Para Pelari Katadata Berlari Ikut Maybank Marathon 2024

blog_10

LAINNYA

Aug 25 2024, 15.31

Tampil di ajang lari Maybank Marathon merupakan mimpi bagi mayoritas pelari. Salah satunya adalah Viva Kusnandar, anggota komunitas Katadata Berlari. 

Ia sangat senang ketika akhirnya bisa mendapatkan satu slot di kategori half marathon pada Maybank Marathon 2024.

“Maybank Marathon itu kan satu-satunya lomba dengan elit label dunia. Saya bangga akhirnya mimpi itu terwujud juga,” kata Kusnandar.

Minggu (25/8/2024), ketika matahari masih belum beranjak dari peraduannya, Kusnandar sudah mulai berlari dengan 6.500 pelari lainnya di kategori half marathon.

Tepat pukul 05.30 WITA, atau satu jam setelah pelari kategori full marathon memulai lombanya, Kusnandar mulai berlari. Ia adalah satu dari tujuh anggota komunitas Katadata Berlari yang tampil di Maybank Marathon 2024.

Tahun ini, rute Maybank Maraython berubah dari Bali Safari Park ke Bali Unite Training Center. Meski berubah tapi rute yang dilalui para pelari tetap menantang.

“Saya kaget ketika dari Km 5 sampai Km 11, jalannya lebih banyak nanjak daripada turunan. Sangat menantang sekali rutenya,” ujar Kusnandar.

Meski gagal memperbaik catatan waktu terbaiknya (personel best), Kusnandar tetap senang bisa mengalungi medali Maybank Marathon dengan catatan waktu 3 jam di kategori half marathon.

Sama seperti Kusnandar, Fatiyah Nurul juga baru pertama kali mengikuti Maybank Marathon. Dia memilih kategori 10K. 

“Saya suka dengan rutenya Maybank Marathon, seru. Banyak warga yang memberikan support di pinggir jalan. Selain itu pemandangannya juga bagus. Kita bisa melihat sawah sambil menghirup udara pagi yang segar. Menyenangkan sekali, sama sekali gak nyesel ikutan Maybank Marathon,” ungkap Fatiyah.

Hal lain yang membuat Fatiyah bangga adalah dia berhasil mencetak catatan waktu terbaiknya di nomor 10K pada Maybank Marathon 2024.

“Gak nyangka aja bisa bikin PB di sini. Padahal saya sama sekali gak ada target buat bikin PB tapi mungkin karena rutenya asik dan juga dukungan dari warga sekitar yang memberikan support di sepanjang rute, saya bisa meraih PB,” kata Fatiyah.

Marah Andikha yang merupakan Ketua Panitia  Lomba Lari Mangkunegaran Run in Solo memuji panitia penyelenggara Maybank Marathon yang bisa membuat lomba lari yang sangat rapi.

“Uniqueness dari Maybank Marathon ini adalah lokasinya di Bali. Itu sudah menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, panitia juga membuat acara musik dan juga banyak booth di sekitar lokasi. Konsepnya menarik sehingga tidak heran tahun ini ada 13 ribu orang yang ikutan di Maybank Marathon,” jelas Andikha.

Tahun ini jumlah pelari yang ikut nomor marathon di Maybank Marathon 2024 menjadi yang terbanyak dibandingkan event marathon lari lainnya di Indonesia. Total 3.500 pelari yang ambil bagian di nomor marathon dan 6.500 pelari di nomor half marathon serta 3.000 orang di nomor 10K.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Survei KIC: Dampak Perekonomian Maybank Marathon terhadap Perekonomian Bali Mencapai Rp164 Miliar

EKONOMI & BISNIS

Sep 12 2024, 20.31

Hasil survei juga mengungkapkan 8 dari 10 peserta Maybank Marathon ingin kembali lagi ke Bali.


Generic placeholder image

Pelari Kenya Kuasai Nomor Marathon di Maybank Marathon 2024

LAINNYA

Aug 25 2024, 14.51

Dua catatan waktu tersebut belum bisa memecahkan rekor marathon putra dan putri yang berhasil dipecahkan pada tahun lalu.


Generic placeholder image

Ukur Dampak Ekonomi terhadap Bali, Maybank Marathon Gandeng Katadata Insight Center

LAINNYA

Aug 24 2024, 19.22

Maybank Marathon telah mendapatkan sertifikasi dari International Measurement Certificate dan disahkan oleh Association of International Marathons and Distance Races (AIMS).


Generic placeholder image

Panitia: Ada 30.000 Orang yang Ingin Ikut Lari Maybank Marathon 2024

LAINNYA

Aug 24 2024, 09.39

Tahun ini jumlah pelari yang ikut nomor marathon menjadi yang terbanyak dibandingkan event marathon lari lainnya di Indonesia.


Generic placeholder image

Sekjen PASI: Perlu Komitmen Besar dari Maybank Marathon Meraih Status Elit Label

LAINNYA

Aug 23 2024, 22.14

Maybank Marathon menjadi lomba lari tertua di Indonesia dan satu-satunya yang menyandang gelar elit label road race.


Copyright Katadata 2022