Di Ajang ISF 2024, Chelsea Islan Ajak Generasi Muda Peduli Krisis Iklim dan Keberlanjutan

blog_10

LAINNYA

Sep 05 2024, 15.51

Chelsea Islan (Actress, Entrepreneur & UNDP Indonesia SDG Mover), Lady Diandra (Puteri Indonesia Intelegensia 2024, Sustainability Issue Practitioner and Consultant) serta Dion Wiyoko (Actor, UNICEF Indonesia Clean and Healthy Generation Ambassador) terpilih sebagai Advocates Indonesia International Sustainability Forum (ISF 2024). Mereka menjadi bagian dari perhelatan yang berlangsung pada 5-6 September 2024 ini. Ketiganya menekankan pentingnya generasi muda dalam menyerukan krisis iklim dan berkelanjutan.

Chelsea Islan menekankan pentingnya memberikan ruang bagi generasi muda untuk berbicara mengenai isu-isu lingkungan. Ia menyebut banyak anak muda yang sadar akan krisis iklim namun belum memiliki platform yang cukup untuk menyuarakan keprihatinan mereka. Oleh sebab itu, ISF menjadi wujud komitmen Indonesia dalam mendengarkan aspirasi rakyat, terutama anak-anak muda. 

“ISF adalah bentuk perwujudan komitmen Indonesia untuk mewujudkan aspirasi suara rakyat, terutama anak-anak muda. Banyak dari kita yang sadar terhadap krisis iklim, tetapi belum banyak ruang untuk berbicara. Inilah saatnya kita bersama-sama menyuarakan pentingnya mewujudkan Indonesia yang lebih hijau," ujar Chelsea dalam keterangan tertulis.

Selain itu, Chelsea juga menggaris bawahi berbagai isu lingkungan lainnya seperti ekonomi biru, ekonomi hijau, serta tantangan yang dihadapi dunia saat ini, yaitu triple planetary crisis, seperti polusi, hilangnya keanekaragaman hayati, dan perubahan iklim. Ia juga menyoroti kondisi kualitas udara yang semakin memburuk, terutama di Jakarta, sebagai salah satu contoh nyata dari dampak krisis lingkungan yang sedang berlangsung. 

Sebagai seorang Sustainability Issue Practitioner and Consultant, Lady Diandra juga berbicara mengenai pentingnya kolaborasi global dalam menghadapi krisis ini. Ia mengutip data yang menunjukkan bahwa tiga dari empat anak muda Indonesia lebih memprioritaskan penyelesaian krisis iklim dibanding isu-isu lainnya. 

“Kami sangat senang Indonesia mengambil langkah yang kuat dalam isu ini, dan diharapkan ISF ini bisa terus berlangsung hingga tahun-tahun mendatang,” ujar Lady.

Dion Wiyoko juga turut menguatkan pentingnya kolaborasi dalam mencapai target emisi nol bersih di masa depan. Ia mengajak generasi muda untuk mengambil langkah-langkah konkret bersama pemerintah dan para pemangku kepentingan. 

“Kami berharap dengan diskusi-diskusi panel dan wawasan yang kami dapatkan dari forum ini, anak muda bisa terus terinspirasi dan memberikan ide-ide baru untuk mewujudkan target pemerintah mencapai net-zero emission," jelas Dion.

ISF 2024 bukan hanya menjadi wadah diskusi, tetapi juga menjadi panggung bagi generasi muda untuk terlibat langsung dalam percakapan global mengenai keberlanjutan dan menegaskan komitmen Indonesia dalam mendukung transformasi hijau yang lebih adil.

Kurang lebih 11.000 orang diperkirakan hadir di ajang ISF 2024 yang akan menjadi perhelatan aksi iklim kedua terbesar di kawasan Asia-Pasifik, setelah COP 29 di ibukota Azerbaijan, Baku. Forum ISF 2024 juga akan menghasilkan diskusi kebijakan yang akan dibawa ke COP 29 di bulan November mendatang.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Nusantara Platter, Diplomasi Kuliner di ISF 2024

LAINNYA

Sep 06 2024, 07.03

Dalam jamuan itu, kuliner khas Indonesia seperti Sukun Telur Asin dan Rawon menjadi sorotan utama,


Generic placeholder image

ISF 2024 Dibuka Presiden Hari Ini, Sejumlah Pemimpin Dunia Jadi Pembicara Utama

LAINNYA

Sep 05 2024, 06.46

Forum ISF 2024 adalah ajang resmi Pemerintah Indonesia untuk para pemimpin dunia dari berbagai sektor dan negara supaya dapat bertukar pikiran dan pengetahuan.


Generic placeholder image

SDG Mover UNDP Indonesia Chelsea Islan Ajak Gen Z Terlibat di Isu Keberlanjutan

GAYA HIDUP

Jul 27 2024, 17.22

Teknologi yang lebih canggih mempermudah semua kalangan termasuk Gen Z untuk melakukan aksi nyata terkait isu sustainability.


Copyright Katadata 2022