Lima Kebun Teh dengan Keindahan Alami di Jawa Timur

blog_10

LAINNYA

Oct 04 2024, 06.55

Jawa Timur tak hanya memesona karena alam pegunungan dan pantai-pantai berpasir putih serta berair jernih, tapi juga dikenal karena memiliki lima kebun teh terbaik yang menyuguhkan keindahan alami dan berudara segar.

Lima kebun teh tersebut menjadi destinasi wisata favorit tak hanya bagi warga Jawa Timur sendiri, tapi juga pengunjung dari luar kota. Sebagaimana dilansir dari Instagram resmi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, berikut ini lima kebun teh terbaik di Jawa Timur yang menyuguhkan keindahan alami serta udara segar.

1. Kebun Teh Wonosari (Lawang, Malang)

Berlokasi di lereng Gunung Arjuno, Kebun Teh Wonosari adalah destinasi wisata yang memadukan keindahan alami dan kesejukan udara pegunungan. Selain menikmati hamparan hijau tanaman teh, pengunjung juga bisa menyusuri jalur-jalur di tengah perkebunan yang menenangkan. Tempat ini sangat cocok bagi mereka yang sibuk dengan rutinitas setiap hari, yang ingin melepaskan penat.

2. Kebun Teh Sirah Kencong (Blitar)

Tak hanya menyajikan pemandangan hijau dari tanaman teh, Kebun Teh Sirah Kencong juga menyuguhkan pemandangan alami lainnya, yaitu berupa air terjun. Air terjun ini berada di ketinggian 1.000 meter dengan suasana sejuk dan segar, serta benar-benar cocok bagi mereka yang ingin menjauh dari hiruk pikuk perkotaan.

3. Kebun Teh Gunung Gambir (Jember)

Terletak di lereng Gunung Argopuro, Kebun Teh Gunung Gambir menyuguhkan pesona alam hijau lengkap dengan udara segarnya, serta spot yang Instagramable. Didirikan sejak tahun 1918, kebun teh ini merupakan peninggalan kolonial Belanda saat Jepang menjajah Indonesia.

4. Kebun Teh Jamus (Ngawi)

Berada di dataran tinggi lereng Gunung Lawu, Kebun Teh Jamus menawarkan pengalaman wisata alam yang kaya akan sejarah. Salah satu keunikan dari kebun teh ini adalah Bukit Borobudur yang bentuknya memang sangat mirip dengan Candi Borobudur. 

Suasana yang tenang dengan udara yang begitu segar, menjadikan kebun teh ini sangat cocok bagi mereka yang membutuhkan ketenangan dari segala kesibukan.

5. Kebun Teh Kertowono (Lumajang)

Berada di kaki Gunung Semeru, Kebun Teh Kertowono menyajikan pemandangan perkebunan teh yang indah hijau menawan, serta suasana tenang dengan udara segar.

Jika berkunjung ke kebun teh ini, pengunjung tak hanya mendapatkan keindahan alami, tapi juga bisa melihat langsung proses pembuatan minuman teh yang ada di pabrik sekitar perkebunan.

Perkebunan ini juga merupakan pilihan tempat yang tepat untuk liburan keluarga, dan menikmati suasana alam terbuka yang asri.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Copyright Katadata 2022