Warga di Kota Ini Bisa Hidup Hingga Usia 100 Tahun, Ini Rahasianya

blog_10

LAINNYA

Feb 04 2024, 20.53

Kota Sardinia di Italia adalah salah satu dari lima Zona Biru di dunia atau tempat di seluruh dunia di mana banyak warganya yang hidup hingga usia 100 tahun atau lebih.

Bagi para lansia Sardinia yang penuh semangat ini, apa yang mereka makan memainkan peran penting dalam umur panjang. Tapi Anda tidak perlu tinggal di Italia untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari kuliner ini.

Berikut cara makan seperti orang Sardinia agar panjang umur, dilansir dari laman CNBC.

1. Gunakan bahan-bahan yang terinspirasi dari Sardinia

Daging yang digunakan sangat sedikit dan sebagian besar makanan di Sardinia ditanam secara lokal, dan umumnya bebas dari pestisida, hormon, pewarna atau gula.

Inilah yang akan Anda temukan pada menu khas Sardinia:

·        Sayuran, sayuran hijau, salad, dan sup kacang-kacangan dengan adas, kacang fava, buncis, dan tomat.
·        Produk susu kambing dan domba, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan telah terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat.
·        Anggur merah Sardinia dari daerah puncak gunung, yang memiliki kadar polifenol yang lebih tinggi daripada kebanyakan anggur lainnya. Polifenol adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung.
·        Roti pipih khas mereka terbuat dari gandum utuh triticum berprotein tinggi dan rendah gluten, yang merupakan bahan utama pasta Italia.
·        Teh milk thistle yang dianggap dapat membersihkan hati, dinikmati setiap hari.

2. Menanam beberapa makanan Anda sendiri

Orang Sardinia suka mencari makan asparagus liar, sayuran liar, buah beri, dan jamur. Jangan lakukan ini sendiri tanpa pelatihan yang tepat, jika tidak, Anda bisa berisiko memakan sesuatu yang beracun.

Jika Anda tidak memiliki kebun, cobalah untuk menyisihkan sebidang kecil tanah untuk menanam bahan-bahan dasar Italia: selada, tomat, kemangi, peterseli, dan labu. 

Anda juga bisa menanamnya di dalam pot jika Anda tidak memiliki lahan kebun. Tidak ada yang bisa menandingi cita rasa makanan yang segar yang langsung disantap sesaat setelah dipanen.

3. Kurangi makan di luar

Orang Sardinia suka memasak. Luangkan waktu untuk menikmati suara-suara bawang bombay yang dipotong, bawang putih yang dicincang, dan tomat segar yang dihancurkan untuk membuat saus yang lezat.

Anda dapat secara bertahap membiasakan diri memasak di rumah. Jika Anda bekerja penuh waktu, luangkan waktu di akhir pekan untuk memasak atau menyiapkan makanan yang dapat bertahan selama dua atau tiga hari dalam seminggu.

4. Bergerak lebih banyak

Orang Sardinia tetap aktif sepanjang hari, terutama dalam kegiatan kuliner mereka. Mereka menggembalakan domba, memerah susu kambing, mencari rumput liar, memasak, bersih-bersih, dan berkebun.

Meskipun kemungkinan besar Anda tidak akan menggembala domba atau mencari jamur, Anda masih dapat menemukan cara untuk tetap aktif sepanjang hari.

Jika Anda duduk di depan komputer sepanjang hari, aturlah timer di ponsel atau jam tangan pintar Anda dalam interval 30 hingga 45 menit sehingga Anda akan ingat untuk bangun dan melakukan peregangan, atau berjalan-jalan di jam makan siang.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Enam Ciri-ciri Paru-Paru Kotor yang Wajib Diketahui para Perokok

GAYA HIDUP

Apr 05 2024, 13.07

Ciri-ciri paru-paru kotor kerap terabaikan karena biasanya hanya dianggap sebagai penurunan kesehatan biasa.


Generic placeholder image

Lima Cara Melakukan Diet OCD agar Berat Badan Anda Turun

GAYA HIDUP

Feb 06 2024, 07.27

Diet yang dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier menerapkan prinsip-prinsip yang sama dengan intermitten fasting.


Generic placeholder image

Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat, Ini Caranya

GAYA HIDUP

Jan 26 2024, 07.13

Serangan asam urat akan terus terjadi selama kadar asam urat di dalam darah tergolong tinggi.


Generic placeholder image

Makanan yang Baik Dikonsumsi setelah Puasa Intermittent 16 Jam

GAYA HIDUP

Jan 24 2024, 08.11

Makanan ini bisa mengendalikan rasa lapar sepanjang hari.


Copyright Katadata 2022