Makanan yang Baik Dikonsumsi setelah Puasa Intermittent 16 Jam

blog_10

GAYA HIDUP

Jan 24 2024, 08.11

Setelah 16 jam berpuasa intermiten, makanan pertama yang disarankan untuk dikonsumsi adalah yang berserat tinggi. Contoh makanan yang berserat tinggi antara lain tauge, jagung, kacang-kacangan, pisang, satu butir telur atau blueberry.

Ahli gizi Apurva Agarwal mengatakan bahwa serat membantu Anda merasa puas dan kenyang dan juga membantu Anda mengendalikan rasa lapar sepanjang hari.

"Berbuka puasa dengan makanan berserat tinggi dapat membantu Anda untuk tidak makan berlebihan di kemudian hari setelah berpuasa. Mereka yang sedang berusaha mengendalikan berat badan atau mengikuti diet rendah kalori akan mendapatkan manfaat dari hal ini," kata Agarwal dilansir dari laman The Indian Express.

Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan usus karena meningkatkan mikrobiota usus yang sehat, membantu mengontrol pergerakan usus, dan menghindari sembelit. 

"Setelah berpuasa, ketika sistem pencernaan mungkin perlu menyesuaikan diri dengan asupan makanan, sarapan berserat tinggi membantu mendukung keteraturan dan sistem pencernaan yang sehat," kata Agarwal.

Selain itu, mengonsumsi serat di pagi hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Karena serat mengurangi kecepatan penyerapan gula, kadar glukosa darah menjadi lebih stabil. 

"Hal ini dapat membantu mencegah lonjakan dan lonjakan kadar gula darah yang cepat. Selain itu, sarapan berserat tinggi mendukung kesehatan usus dengan mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan," kata Payal Sharma, ahli gizi senior.

Sharma menambahkan, seseorang harus mempertimbangkan untuk memasukkan biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian ke dalam sarapannya untuk meningkatkan asupan serat. 

"Makanan-makanan ini meningkatkan kesehatan secara umum dengan menawarkan berbagai vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Makanan-makanan ini tidak hanya menyediakan nutrisi penting tetapi juga berkontribusi pada makanan yang seimbang dan memuaskan," kata Sharma.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Enam Ciri-ciri Paru-Paru Kotor yang Wajib Diketahui para Perokok

GAYA HIDUP

Apr 05 2024, 13.07

Ciri-ciri paru-paru kotor kerap terabaikan karena biasanya hanya dianggap sebagai penurunan kesehatan biasa.


Generic placeholder image

Studi Temukan Puasa Intermiten Berkaitan dengan Risiko Kematian Kardiovaskular

GAYA HIDUP

Mar 20 2024, 11.30

Para peneliti menyelidiki potensi dampak kesehatan jangka panjang dari mengikuti rencana makan dengan batasan waktu 8 jam.


Generic placeholder image

Lima Cara Melakukan Diet OCD agar Berat Badan Anda Turun

GAYA HIDUP

Feb 06 2024, 07.27

Diet yang dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier menerapkan prinsip-prinsip yang sama dengan intermitten fasting.


Generic placeholder image

Warga di Kota Ini Bisa Hidup Hingga Usia 100 Tahun, Ini Rahasianya

LAINNYA

Feb 04 2024, 20.53

Makanan punya peranan penting untuk bisa mencapai umur yang panjang.


Generic placeholder image

Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat, Ini Caranya

GAYA HIDUP

Jan 26 2024, 07.13

Serangan asam urat akan terus terjadi selama kadar asam urat di dalam darah tergolong tinggi.


Copyright Katadata 2022