ChatGPT Dapat Memilih Saham Lebih Baik daripada Manajer Investasi

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

May 22 2023, 00.18

Sekumpulan saham yang dipilih oleh ChatGPT, sebuah chatbot yang didukung oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), telah jauh mengungguli beberapa reksa dana investasi paling populer di Inggris.

Sebuah ekseperimen yang dilakukan situs perbandingan keuangan finder.com, antara 6 Maret dan 28 April 2023, portofolio tiruan dari 38 saham naik 4,9% sementara 10 reksa dana investasi terkemuka mengalami kerugian rata-rata 0,8%.

"Tidak akan lama lagi, sejumlah besar konsumen mencoba menggunakan [ChatGPT] untuk mendapatkan keuntungan finansial," kata CEO Finder Jon Ostler dilansir dari laman CNN.

Selama periode delapan minggu yang sama, indeks S&P 500, yang melacak 500 perusahaan paling berharga di Amerika Serikat, naik 3%. Indeks yang setara di Eropa, indeks Stoxx Europe 600, naik 0,5% pada periode tersebut.

Reksa dana investasi biasanya mengumpulkan uang dari beberapa investor dan diawasi oleh manajer investasi yang memutuskan bagaimana menginvestasikan uang tersebut.

Analis Finder menggunakan 10 reksa dana terpopuler di Inggris pada platform perdagangan Interactive Investor sebagai tolok ukur untuk menilai kinerja reksa dana yang dihasilkan ChatGPT. Reksa dana yang dikelola oleh HSBC (HSBC) dan Fidelity termasuk yang terpilih.

Para analis meminta ChatGPT untuk memilih saham berdasarkan beberapa kriteria yang umum digunakan, termasuk memilih perusahaan dengan tingkat utang yang rendah dan rekam jejak pertumbuhan. Microsoft (MSFT), Netflix (NFLX) dan Walmart (WMT) termasuk di antara perusahaan-perusahaan yang dipilih.

Sebuah survei terhadap 2.000 orang dewasa di Inggris yang dilakukan oleh Finder menunjukkan bahwa 8% telah menggunakan ChatGPT untuk mendapatkan nasihat keuangan, sementara 19% lainnya akan mempertimbangkan untuk melakukannya.

Sedangkan 35% yang jauh lebih besar mengatakan tidak akan mempertimbangkan untuk menggunakan chatbot guna membantu mereka membuat keputusan tentang investasi.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada April llau, para peneliti di University of Florida menemukan bahwa ChatGPT dapat memrediksi pergerakan harga saham perusahaan tertentu dengan lebih akurat daripada beberapa model analisis yang lebih mendasar.

Sejak perusahaan riset Open AI membuka akses ke ChatGPT pada Desember 2022, chatbot ini telah memukau para pengguna dengan kemampuannya untuk memberikan respons yang panjang dan canggih terhadap pertanyaan.

Potensi penggunaannya mulai dari menulis esai sekolah menengah hingga memberikan panduan medis. Chatbot ini telah menimbulkan kekhawatiran bahwa teknologi ini dapat memberikan informasi yang menyesatkan, memungkinkan siswa untuk menyontek saat ujian dan menyingkirkan orang dari pekerjaan mereka.

Namun demikian, Ostler memperingatkan bahwa masih terlalu dini bagi investor untuk mempercayai AI dalam hal keuangan.

“Demokratisasi AI tampaknya merupakan sesuatu yang akan mengganggu dan merevolusi industri keuangan," kata Ostler.

 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Menggali Potensi Anak Muda melalui Bernalar Berdaya di SMAN 85 Jakarta

LAINNYA

Aug 23 2024, 15.40

Melalui acara seperti ini, MudaBerdaya berharap dapat terus menjadi jembatan bagi generasi muda untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih kritis, percaya diri, dan berdaya.


Generic placeholder image

Kolaborasi Dua Generasi Iwan Fals dan Nadin Amizah Pukau Ribuan Penonton di Solo

LAINNYA

Aug 18 2024, 23.49

Duet ini menjadi momen yang sempurna karena meninggalkan kesan mendalam bagi setiap orang yang hadir.


Generic placeholder image

Padukan Budaya dan Kuliner, Festival Dua Generasi di Mangkunegaran Resmi Dibuka

LAINNYA

Aug 17 2024, 18.28

Acara ini lebih dari sekadar festival, tetapi juga sebagai perwujudan dari semangat kolaborasi yang mendalam.


Generic placeholder image

Malam Penuh Nostalgia dalam Tur Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’ Makassar

LAINNYA

Aug 11 2024, 07.26

Lebih dari 20.000 penggemar setia memadati area konser, menciptakan suasana penuh memori dan membawa penonton kembali ke hari-hari di mana mereka tumbuh bersama lagu-lagu favorit Sheila On 7.


Generic placeholder image

Antusiasme Bubuhan Samarinda Buka Tur Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’

LAINNYA

Jul 27 2024, 23.13

Konser dimulai dengan laku pembuka Pejantan Tangguh yang langsung menghentak para penonton di malam minggu yang syahdu.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022