Indonesia Memasuki Era VUCA, Masyarakat Harus Adaptif

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

May 28 2024, 06.48

Pemerintah terus berkomitmen untuk melakukan transformasi digital sehingga meningkatkan peluang bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat terutama dari sisi penciptaan lapangan kerja baru, dan sisi teknologi maupun sustainability.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, saat ini masyarakat sedang memasuki era VUCA, yakni gabungan situasi mulai dari volatility (volatilitas), uncertainty (ketidakpastian), complexity (kompleksitas), dan ambiguity (ambiguitas). 

“Sehingga setiap orang harus memiliki kemampuan adaptif dan eksploratif yang mumpuni. Kemampuan ini sekaligus menjawab tantangan transformasi digital yang semakin kompleks,” kata Sandiaga dilansir dari laman Kemenparekraf.

Sandiaga menjelaskan, akselerasi transformasi digital menjadi kunci dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Ia mengungkapkan, pada 2035 Indonesia membutuhkan sembilan juta talenta digital yang jika dibagi rata, hingga tahun tersebut Indonesia perlu mencetak 600.000 talenta digital setiap tahun. 

“Itulah mengapa pemerintah luncurkan INA Digital. Semoga INA Digital yang hari ini baru saja diluncurkan membantu pencapaian target tersebut,” kata Sandiaga.

Sandiaga menyampaikan, dari 72 persen permukaan bumi yang tertutup air hanya 1 persen yang bisa diakses dan digunakan sebagai air minum dan keperluan sanitasi. Pemanfaatan teknologi, kata dia, menjadi bagian penting dalam pengelolaan air ke depan.

“Melalui teknologi, kita benar-benar akan dapat menciptakan solusi untuk beberapa masalah paling mendesak yang kita hadapi secara global, seperti krisis iklim Tetapi teknologi memberi kita banyak peluang untuk memecahkan beberapa masalah. Selain itu, kami melihat ketahanan dan praktik berkelanjutan di mana teknologi juga masuk dan memberikan banyak solusi,” pungkas Sandiaga.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Pengunjung Bali International Air Show 2024 Melebihi Target

LAINNYA

Sep 23 2024, 10.08

Target pengunjung BIAS 2024 adalah 5.000 orang.


Generic placeholder image

Alas Kedaton Fun Run, Ajang Lari di Kawasan Hutan Lindung

LAINNYA

Sep 09 2024, 07.01

Sports tourism juga bisa menggerakkan perekonomian dengan multiplier edfect yang sangat besar mencapai Rp18,8 triliun tahun 2024.


Generic placeholder image

Dirut Telkom: Perusahaan Telekomunikasi Harus Berinovasi dengan Prinsip Berkelanjutan

LAINNYA

Aug 28 2024, 18.00

Tren makro global mengubah masa depan transformasi digital di seluruh dunia.


Generic placeholder image

Sandiaga Uno Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut Pulau Pramuka

LAINNYA

Aug 17 2024, 19.44

Pemerintah akan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kepulauan Seribu.


Generic placeholder image

Wisata Religi di Labuan Bajo Masuk Jajaran Karisma Event Nusantara

LAINNYA

Aug 17 2024, 02.29

Festival Golo Koe Labuan Bajo merupakan festival keagamaan atau wisata religi pertama yang dilaksanakan di Labuan Bajo.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022