Alas Kedaton Fun Run, Ajang Lari di Kawasan Hutan Lindung

blog_10

LAINNYA

Sep 09 2024, 07.01

Pemerintah Kabupaten Tabanan Bali bekerja sama dengan Riot Indonesia (Chapter Bali) menggelar Alas Kedaton Fun Run pada Minggu (8/9/2024). Ajang lari ini mengambil titik start dan finish di destinasi wisata Alas Kedaton. Destinasi ini merupakan kawasan hutan lindung dengan luas area 12 hektare dengan daya tarik utama kera ekor panjang, yang populasinya diperkirakan mencapai 2.000 ekor.

Dari titik start, para peserta lari diajak menelusuri keindahan Desa Wisata Kukuh dengan lanskap berupa persawahan yang membentang luas. Setelah itu para pelari juga disambut dengan keramahan warga lokal. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berpartisipasi di ajang pariwisata berbasis olahraga itu. Dia juga berharap Alas Kedaton Fun Run dapat menarik minat partisipasi ratusan pelari dari berbagai daerah baik di Bali maupun di luar Bali. 

"Saya hampir menempuh 11 kilometer, saya melihat alamnya sangat indah dan boleh dibilang treknya sangat menantang," kata Sandiaga dilansir dari laman Kemenparekraf. 

Sandiaga optimistis Alas Kedaton Fun Run dapat memperkuat potensi pengembangan pariwisata berbasis olahraga di Desa Wisata Kukuh juga Alas Kedaton dan Tabanan pada umumnya. Terlebih tren gaya hidup sehat saat ini terus diminati masyarakat. 

"Saya melihat bahwa jika kita lebih banyak membuat event di sini, maka Alas Kedaton ini akan kembali dikunjungi wisatawan. Alas Kedaton adalah destinasi wisata yang sangat berpotensi dan dulu sempat menjadi andalan dari Tabanan, namun seiring waktu dengan lebih banyak kegiatan di Bali bagian selatan juga COVID-19, (kunjungan ke Alas Kedaton) jadi menurun. Padahal saya melihat dengan sendirinya ada peluang untuk menciptakan ruang untuk sports tourism atau pariwisata berbasis olahraga," ujar Sandiaga. 

Sandiaga juga mengatakan, penyelenggaraan event berbasis olahraga ini akan menjadi sarana promosi yang baik bagi produk olahraga lokal.  Kata dia, meningkatnya tren gaya hidup sehat di kalangan masyarakat menjadi peluang yang besar bagi produk olahraga lokal. 

Sepatu misalnya, dari Data Kementerian Perindustrian disebutkan nilai ekspor komoditas sepatu olahraga pada Januari hingga Mei 2024 tercatat sebesar 1,86 miliar dolar AS atau meningkat 1,04 persen dari periode yang sama tahun 2023. 

Sports tourism juga bisa menggerakkan perekonomian dengan multiplier edfect yang sangat besar mencapai Rp18,8 triliun tahun 2024. Sandiaga di ajang "Alas Kedaton Fun Run" sendiri mengenakan sepatu lari lokal merek 910. 

"Sangat efektif (promosi produk olahraga lokal di event sports tourism) dibanding dengan kegiatan andalkan mass tourism. _Karenanya kita mengajak semua pihak untuk terus menggagas kegiatan di sini," ujar Sandiaga. 

 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Sandiaga Uno Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut Pulau Pramuka

LAINNYA

Aug 17 2024, 19.44

Pemerintah akan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kepulauan Seribu.


Generic placeholder image

Wisata Religi di Labuan Bajo Masuk Jajaran Karisma Event Nusantara

LAINNYA

Aug 17 2024, 02.29

Festival Golo Koe Labuan Bajo merupakan festival keagamaan atau wisata religi pertama yang dilaksanakan di Labuan Bajo.


Generic placeholder image

Pameran UMKM AKI 2024 di Labuan Bajo Menarik Minat Wisatawan Mancanegara

LAINNYA

Aug 09 2024, 09.36

Pameran AKI merupakan upaya Kemenparekraf memfasilitasi kolaborasi antara pelaku industri kreatif dengan berbagai pihak.


Generic placeholder image

Alcor Fest 2024 Bisa Jadi Lokomotif Pengembangan Ekonomi Kreatif

EKONOMI & BISNIS

Aug 02 2024, 05.28

Alcor Fest 2024 sebagai event Intellectual Property (IP) Event Festival di Indonesia dengan tagline “Innovation and Adaptation”.


Generic placeholder image

Menparekraf: Golden Visa, Upaya Meningkatkan Jumlah Investasi di Sektor Parekraf

EKONOMI & BISNIS

Jul 26 2024, 07.20

Investor asing pemegang Golden Visa dapat memiliki izin tinggal di Indonesia selama lima hingga 10 tahun.


Copyright Katadata 2022