Pameran UMKM AKI 2024 di Labuan Bajo Menarik Minat Wisatawan Mancanegara

blog_10

LAINNYA

Aug 09 2024, 09.36

Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 yang sedang berlangsung di halaman Plaza Marina, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil menarik minat wisatawan asing. 

Saat berkunjung ke salah satu booth peserta AKI 2024, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melihat salah satu wisatawan mancanegara tengah membeli produk yang dipamerkan.

"Saya tadi melihat tanpa disadari ada wisatawan dari Inggris beli UMKM Blimbingsari Creative Craft. Dan ini menunjukkan bahwa produk kita juga diminati oleh wisatawan," kata Sandiaga dilansir dari laman Kemenparekraf.

Sandiaga mengatakan sejak tahun 2021, program AKI telah hadir memberikan bukti nyata pemerintah dalam mendukung perkembangan UMKM lokal, utamanya UMKM yang akan menembus pasar global. Diharapkan kehadiran AKI dapat mewujudkan pencapaian nilai produk ekspor ekonomi kreatif tahun 2024 yang ditargetkan mencapai 28 miliar dolar AS.

"Dan saya berharap kalian di sini juga berkolaborasi dengan para peserta lainnya dan masyarakat setempat sehingga produk-produk Bapak Ibu sekalian (peserta AKI) bisa mendapatkan potensial buyer dan investor. Dan akhirnya kita ingin Indonesia memperluas produk-produk UMKM-nya tembus ke pasar global," kata Sandiaga.

Pameran AKI merupakan upaya Kemenparekraf memfasilitasi kolaborasi antara pelaku industri kreatif dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, swasta, dan komunitas kreatif. Hal ini diharapkan dapat menciptakan jejaring yang kuat dan mendukung pertumbuhan industri kreatif di Indonesia. Pameran AKI Labuan Bajo berlangsung selama tiga hari mulai dari 8 hingga 10 Agustus 2024 dan diikuti 30 pelaku UMKM terpilih dari subsektor kriya, fesyen, kuliner, musik, serta film. 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Alas Kedaton Fun Run, Ajang Lari di Kawasan Hutan Lindung

LAINNYA

Sep 09 2024, 07.01

Sports tourism juga bisa menggerakkan perekonomian dengan multiplier edfect yang sangat besar mencapai Rp18,8 triliun tahun 2024.


Generic placeholder image

Sandiaga Uno Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut Pulau Pramuka

LAINNYA

Aug 17 2024, 19.44

Pemerintah akan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kepulauan Seribu.


Generic placeholder image

Wisata Religi di Labuan Bajo Masuk Jajaran Karisma Event Nusantara

LAINNYA

Aug 17 2024, 02.29

Festival Golo Koe Labuan Bajo merupakan festival keagamaan atau wisata religi pertama yang dilaksanakan di Labuan Bajo.


Generic placeholder image

Alcor Fest 2024 Bisa Jadi Lokomotif Pengembangan Ekonomi Kreatif

EKONOMI & BISNIS

Aug 02 2024, 05.28

Alcor Fest 2024 sebagai event Intellectual Property (IP) Event Festival di Indonesia dengan tagline “Innovation and Adaptation”.


Generic placeholder image

Menparekraf: Golden Visa, Upaya Meningkatkan Jumlah Investasi di Sektor Parekraf

EKONOMI & BISNIS

Jul 26 2024, 07.20

Investor asing pemegang Golden Visa dapat memiliki izin tinggal di Indonesia selama lima hingga 10 tahun.


Copyright Katadata 2022