Wisata Religi di Labuan Bajo Masuk Jajaran Karisma Event Nusantara

blog_10

LAINNYA

Aug 17 2024, 02.29

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menutup rangkaian Festival Golo Koe 2024 yang berlangsung di Pelabuhan Marina Waterfront, Labuan Bajo. 

Kehadiran Sandiaga disambut antusias masyarakat juga wisatawan yang telah memadati lokasi penyelenggaraan Festival Golo Koe 2024. Sandiaga mengucap syukur karena  Festival Golo Koe yang digelar pada 10 hingga 15 Agustus 2024 itu, untuk pertama kalinya bisa masuk ke dalam jajaran Karisma Event Nusantara. 

“Saya mengucapkan terima kasih dan bersyukur bahwa hari ini Festival Golo Koe Maria Assumpta Nusantara untuk pertama kalinya masuk ke dalam jajaran event terbaik di Indonesia, Karisma Event Nusantara,” kata Sandiaga saat menutup penyelenggaraan Festival Golo Koe 2024 di Pelabuhan Marina Waterfront, Labuan Bajo, Kamis (15/8/2024) dikutip dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Festival Golo Koe Labuan Bajo merupakan festival keagamaan atau wisata religi pertama  yang dilaksanakan di Labuan Bajo.

Perarakan patung Bunda Maria Assumpta Nusantara Golo Koe merupakan agenda inti dari pelaksanaan Festival Golo Koe, yang merupakan kerja sama Gereja Keuskupan Ruteng bersama Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. 

Umat yang menggunakan busana adat Manggarai berupa songke, baju kemeja putih, selendang, dan atribut lainnya mewarnai perarakan patung Bunda Maria. 

Banyak wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara juga terlihat menyaksikan prosesi ini. Dalam prosesi ini, patung Bunda Maria diarak menggunakan kapal pinisi di perairan Labuan Bajo. 

Ribuan orang kemudian mengarak patung ini ke Gua Maria di Golo Koe sekitar tujuh kilometer dari Pelabuhan Marina Waterfront.

Karnaval budaya ini berpuncak pada tari kolosal Bunda Maria Assumpta Nusantara. 

Sandiaga berharap wisata religi yang dihadirkan dalam Festival Golo Koe bisa menopang pariwisata Labuan Bajo. Wisatawan yang datang ke Labuan Bajo tidak hanya bisa melihat komodo atau menikmati keindahan alam. Namun, juga menyaksikan wisata religi pada Festival Golo Koe.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Alas Kedaton Fun Run, Ajang Lari di Kawasan Hutan Lindung

LAINNYA

Sep 09 2024, 07.01

Sports tourism juga bisa menggerakkan perekonomian dengan multiplier edfect yang sangat besar mencapai Rp18,8 triliun tahun 2024.


Generic placeholder image

Sandiaga Uno Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut Pulau Pramuka

LAINNYA

Aug 17 2024, 19.44

Pemerintah akan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kepulauan Seribu.


Generic placeholder image

Pameran UMKM AKI 2024 di Labuan Bajo Menarik Minat Wisatawan Mancanegara

LAINNYA

Aug 09 2024, 09.36

Pameran AKI merupakan upaya Kemenparekraf memfasilitasi kolaborasi antara pelaku industri kreatif dengan berbagai pihak.


Generic placeholder image

Alcor Fest 2024 Bisa Jadi Lokomotif Pengembangan Ekonomi Kreatif

EKONOMI & BISNIS

Aug 02 2024, 05.28

Alcor Fest 2024 sebagai event Intellectual Property (IP) Event Festival di Indonesia dengan tagline “Innovation and Adaptation”.


Generic placeholder image

Menparekraf: Golden Visa, Upaya Meningkatkan Jumlah Investasi di Sektor Parekraf

EKONOMI & BISNIS

Jul 26 2024, 07.20

Investor asing pemegang Golden Visa dapat memiliki izin tinggal di Indonesia selama lima hingga 10 tahun.


Copyright Katadata 2022