Kominfo Bangun Digital Talent Center di 34 Provinsi

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 10 2024, 16.02

Kementerian Komunikasi dan Informatika akan membangun Pusat Pengembangan Talenta Digital atau Digital Talent Center (DTC) di 34 provinsi dengan mengubah fungsi kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT), untuk mengatasi kesenjangan talenta digital di Indonesia. 

"Jadi kita punya UPT di beberapa provinsi seperti di Cikarang, Bandung, Jogja, Surabaya, Banjarmasin, Medan, Makassar, Manado, kita ada. Sudah ada UPT yang nanti rencananya kita ubah fungsinya menjadi DTC," ujar Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian (Kepala BPSDM) Kominfo, Hary Budiarto, dilansir dari laman Infopublik. 

Hary mengatakan, berdasarkan hasil kajian BPSDM Kominfo, Indonesia memiliki ketersediaan talenta digital mencapai 9 juta orang hingga 2030. Angka tersebut diitung dari lulusan pendidikan formal sektor digital dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

“Sedangkan jumlah kebutuhan telenta digital hingga 2030 mencapai 12.092.110 orang. Berarti kita butuh sekitar 2,7 juta talenta digital," ungkap Hary.

Menurut Hary, pembangunan DTC akan berlangsung bertahap seusai dengan ketersediaan anggaran Kementerian Kominfo. Oleh karena itu, pembangunan Pusat Pengembangan Talenta Digital akan dibagi dalam tiga prioritas. 

"Ada daerah yang prioritas kesatu, ada yang prioritas kedua dan ada yang prioritas ketiga. Kenapa prioritas ketiga karena sudah hampir bagus, gap-nya tidak terlalu tinggi terus kemudian lajunya cukup bagus untuk memenuhi gap-gap tadi," tutur Hary.

Hary mengatakan, saat ini ada satu DTC yang sudah beroperasi yakni di Cikarang, Jawa Barat yang dibangun dengan dana hibah Pemerintah Korea Selatan.

DTC Cikarang dinilai memenuhi peryaratan minimal, seperti memiliki dormitory atau tempat menginap, coworking space, laboratorium, ruang kelas, auditorium, dan ruang pusat pelatihan (training center), serta sport area.  

"Jadi yang sudah siap menjadi DTC itu satu di Cikarang. Dormitory ada 150 kamar, dengan dua tempat tidur. Kalau mau adakan pelatihan dengan 300 peserta mereka bisa menginap di situ.  Mereka bisa sampai 300 satu kali mengadakan pelatihan," kata Hary.

Kementerian Kominfo dipastikan akan segera membangun DTC di Kota Medan, Sumatera Utara dan lokasinya sudah dipilih karena sudah ada UPT serta ada lahan kosong.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Kementerian Kominfo Luncurkan Infografis 10 Tahun Legacy Pemerintah di Bidang Digital

LAINNYA

Sep 20 2024, 16.29

Infografis ini menampilkan capaian yang sudah diraih oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sejak 2014 hingga 2024.


Generic placeholder image

Dirjen Kemenkominfo Beri Bocoran Usulan Pemerintah dalam Tata Kelola AI

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 14 2024, 11.04

Rancangan tata kelola dan etika penggunaan AI ini juga bertujuan untuk memitigasi risiko adanya tuntutan hak cipta.


Generic placeholder image

Literasi Digital Lindungi Masyarakat dari Kejahatan Siber

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 23 2024, 16.13

Pemerintah dan pihak swasta perlu mengemban peran ini sebagai bagian dari komunikasi publik.


Generic placeholder image

Pemanfaatan AI di Bidang Humas Perlu Disertai Pedoman Etika

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 23 2024, 16.05

Kominfo menyadari, pemanfaatan kecerdasan artifisial ini rentan menimbulkan masalah lain, seperti polarisasi, disinformasi, pelanggaran hak cipta, dan lain-lain.


Generic placeholder image

Game Buatan Indonesia Menempati Urutan Pertama Terbanyak Se-Asia Tenggara

TEKNOLOGI DIGITAL

Jan 10 2024, 11.48

Jumlah ini dikatakan terbanyak dibandingkan game buatan developer indie negara-negara lainnya, seperti Thailand dan Singapura.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022