Ingin Kata Sandi yang Kuat? Pakai Emoji

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Nov 02 2023, 06.29

Anda butuh kata sandi yang lebih kuat? Para ahli menyarankan untuk menggunakan emoji. Pada komputer, emotikon dianggap sebagai simbol yang dapat memperkuat kata sandi Anda dan lebih aman jika dikombinasikan dengan huruf dan angka.

"Ketika para penyusup mencoba membobol kata sandi yang terdiri dari huruf, angka dan tanda baca, hanya ada kurang dari seratus variasi untuk setiap simbol yang harus mereka pilih," kata Stan Kaminsky dari perusahaan keamanan siber Kaspersky kepada The Sun.

"Namun ada lebih dari 3.600 emoji standar dalam Unicode, jadi menambahkan satu emoji ke kata sandi Anda akan memaksa peretas untuk memeriksa sekitar 3.700 varian per symbol,” jelas Kaminsky.

Secara teori, kata sandi dengan lima emoji  sama dengan kata sandi tradisional yang hanya terdiri dari sembilan karakter. Tujuh emoji, tambahnya, setara dengan 13 karakter biasa.

Emoji juga lebih mudah diingat daripada kombinasi huruf, angka, dan tanda baca. Selain itu, sering kali emoji tidak digunakan dalam serangan brute-force, yaitu ketika peretas mencoba untuk masuk ke sebuah akun dengan menggunakan daftar panjang kata sandi yang potensial.

Namun, Kaminsky memperingatkan bahwa tidak semua situs mengizinkan emoji dalam kata sandi. Menurut dia, memasukkan banyak emoji dalam kata sandi dapat memperlambat proses login.

Dia merekomendasikan untuk tidak menggunakan emoji yang dapat memberi tahu Anda seperti emotikon yang sering digunakan. Kaminsky menganjurkan untuk menambahkan satu atau dua emoji pada kata sandi alfanumerik tradisional.

"Tentu saja, menggunakan emoji tidak dapat menggantikan kiat-kiat keamanan tradisional: menggunakan kata sandi yang panjang, pengelola kata sandi, dan autentikasi dua faktor (2FA)," ujar Kaminsky.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Lima Tanda Akun Anda Telah Diretas

TEKNOLOGI DIGITAL

Dec 26 2023, 12.33

Jika akun Anda ditangguhkan dan Anda tidak tahu penyebabnya, peretas bisa jadi penyebabnya.


Generic placeholder image

Akun Instagram Diretas? Amankan dengan 6 Langkah Ini

TEKNOLOGI DIGITAL

Nov 16 2023, 08.58

Pastikan kata sandi di berbagai aplikasi atau media sosial tidak sama, dan tidak menyertakan informasi data diri.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022